Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PDAM Targetkan Permasalahan Air di Karimun Kelar 2019
Oleh : Wandy
Senin | 04-12-2017 | 20:02 WIB
Waduk-Sei-Binti.jpg Honda-Batam
Waduk Sei Binti akan difokuskan ke Kecamatan Karimun (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Awal tahun 2018, Warga Kecamatan Tebing akan mulai mendapatkan pendistribusian air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Karimun.

Dirut PDAM Tirta Karimun, Indra Santo, mengatakan kabar tersebut diterimanya setelah instalasi listrik di Waduk Pongkar Kecamatan Tebing telah selesai pada pertengahan November lalu.

"Alhamdulillah sudah selesai instalasi listrik yang di Pongkar. Dan pada Januari mendatang sudah mulai kita distribusikan kepada masyarakat, khususnya di Kecamatan Tebing," kata Indra, Senin (4/12/2017) di ruang kerjanya.

Menurutnya, saat ini Waduk Pongkar sedang dalam masa uji coba untuk melihat kondisi saluran air pendistribusian ke rumah warga. Apabila terdapat permasalahan kebocoran maka akan segera diperbaiki, agar saat pendistribusian tidak mengalami permasalahan. Untuk saat ini sudah ada 300 saluran rumah yang sudah mendaftar dan masuk ke dafrar tunggu pemasangan.

"Kita sedang mengecek pipa saluran, apakah terdapat masalah atau tidaknya sebelum kita mulai pendistribusiannya," katanya.

Dia juga mengatakan, waduk Pongkar sendiri, nantinya akan dapat menyalurkan air ke 1000 rumah warga di Kecamatan Tebing yang telah ada jaringannya. Namun, dari target 1000 saluran rumah, pada tahap awal akan didistribusikan terlebih dahulu sebanyak 500 saluran rumah.

Nantinya katanya lagi, Waduk Pongkar akan difokuskan untuk pendistribusian khusus untuk wilayah Kecamatan Tebing. Sedangkan untuk Waduk Sei Bati dan Santani akan difokuskan ke Kecamatan Karimun dan Meral.

"Target kita 2019 permasalahan air khusus di wilayah Pulau Karimun, kita prediksikan dapat selesai," ujarnya.

Editor: Udin