Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pembangunan Infrastruktur Besar-besaran saat ini Ternyata Tak Disertai Kajian Mendalam
Oleh : Irawan
Minggu | 03-12-2017 | 11:00 WIB
infrastruktur_jokowi.gif Honda-Batam
Waduk Karian, salah satu proyek infrakstur yang dilakukan oleh Presiden Jokowi (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah mengatakan, ambisi pembangunan infrastruktur oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari awal tidak disertai dengan kajian yang mendalam.

Sebab, ditengah keterbatasan anggaran dan situasi masyarakat yang ada, diperlukan pendekatan yang dituntun oleh temuan-temuan yang ilmiah sejak awal.

Fahri mengingatkan, tidak ada yang sederhana dari problematika ekonomi itu. Karenanya dia melihat apa yang dilakukan pemerintah saat ini, yang lebih dominan adalah niat populisme, niat untuk seolah-olah kalau infrastruktur sudah dibangun semua masalah selesai.

"Memang, disatu sisi niat itu mungkin tidak bisa disalahkan, tapi niat itu tidak boleh mengorbankan lainnya, seperti dalam angka-angka yang muncul belakangan ini," ucapnya seraya mengingatkan kalau pemerintah hanya berani membangun infrastruktur dan sebagainya, maka efek-efek lainnya itu tidak dipertimbangkan dalam keterangan pers, Sabtu (2/12/2017) .

Efek-efek yang dimaksud politikus PKS ini adalah efeknya kepada keuangan negara, efeknya kepada penyerapan sumber daya manusia lokal, efeknya kepada masa depan infrastruktur itu bisa selesai atau tidak, efeknya ketelibatan asing dalam membangun infrastruktur publik, efeknya kepada utang, subsidi dan lain-lain itu tidak dipikirkan.

"Padahal, tidak ada satu kebijakan ekonomi yang gampang atau semudah membalik telapakan tangan, tetapi ekonomi itu adalah satu ilmu pengetahuan yang cara menghitungnya itu sangat logis. Apalagi efek politik ekonominya. Saya kira inilah yang kemudian menyebabkan banyak sekali korban dari pembangunan infrastruktur," tutup Fahri Hamzah.

Editor: Surya