Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Aktivis Anti Korupsi Minta KPK Usut Kasus Bansos Batam
Oleh : Ali/Dodo
Jum'at | 09-12-2011 | 15:43 WIB

BATAM, batamtoday - Kalangan aktivis anti korupsi di Batam mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengusut kasus penyelewengan dana Bantuan Sosial (Bansos) yang diduga menyeret sejumlah nama petinggi di Kota Batam.

Hubertus LD, dari Forum Lintas Pemuda Anti Korupsi (FLPAK) menegaskan lembaga superbodi itu harus segera turun ke Batam untuk melakukan pengusutan kasus Bansos.

"KPK harus terjun ke Batam melakukan investigasi adanya dugaan keterlibatan Sekda Agussahiman dan Ahmad Dahlan selaku Wali Kota Batam dalam penggunaan dana Bantuan Sosial Kota Batam anggaran tahun 2006 sampai 2009," tegas Hubertus saat menggelar aksi di depan Kantor Kejaksaan Negeri Batam, Jumat (9/12/2011).

Hubertus juga meminta Kejaksaan Negeri Batam agar tegas dalam melakukan pengusutan dugaan keterlibatan Ahmad Dahlan dalam kasus Bansos.

"Tidak mungkin Dahlan selaku Walikota Batam tidak mengetahui bertahun-tahun dana Bansos diduga diselewengkan oleh bawahannya. Dan Kejaksaan Negri Batam juga harus transparan melakukan investigasi adanya keterlibatan Dahlan. Jangan hanya bawahan Dahlan yang dijadikan tumbal oleh Kejaksaan Batam. Ada apa ini dengan Kejaksaan. Setiap Kajari Batam diganti dengan yan baru, terus mentok kasusnya tanpa ada tindak lanjut," ungkap Hubertus.

Setelah unek-unek disampaikan sekitar 30 menit tanpa ditemui oleh pejabat kejaksaan, aktivis FLPAK meneruskan langkahnya di Gedung DPRD Kota Batam dan Gedung Pemko Batam.