Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Demokrat, PPP dan PKB Usulkan Mustofa Widjaja Calon Wagub Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 22-11-2017 | 15:38 WIB
Hotman-Hutapea-new12.gif Honda-Batam
Ketua Panlih Wakil Gubernur DPRD Kepri, Hotman Hutapea. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tiga partai politik (parpol) pengusung Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, Demokrat, PKB dan PPP, memastikan mengusung mantan Kepala BP Batam Mustofa Widjaja sebagai calon Wakil Gubernur Kepri pengganti Agus Wibowo.

Pengusulan nama Mustofa Widjaja sebagai calon kedua setelah Isdianto, tertuang dalam berita acara dan surat kesepakatan parpol pengusung, di luar Partai Nasdem dan Gerindra, ke Panitia Pemilih (Panlih) Wakil Gubernur Kepri.

Ketua Panlih Wakil Gubernur DPRD Kepri, Hotman Hutapea, membenarkan masuknya surat pengusulan nama Mustofa Widjaja oleh tiga partai politik pengusung ke DPRD Kepri.

"Yang menyerahkan surat dukungan tadi dari DPD Demokrat, PPP dan PKB yang telah menyampaikan ke DPRD," ujar Hotman di DPRD Keri, Rabu (22/11/2017).

Hal tersebut juga dilaporkan Ketua Pansus Pilwagub Kepri, Surya Makmur Nasution dalam laporannya dalam rapat paripurna penetapan calon Wakil Gubernur Kepri.

Tetapi oleh Anggota dan Ketua DPRD Kepri menyatakan belum dapat menerima surat usulan Mustofa tersebut, karena secara resmi belum disampaikan Gubernur ke DPRD sesuai dengan mekanisme dan aturan UU.

"Kami menghargai adanya surat dari tiga parpol atas pengusulan nama Mustofa Widjaja sebagai calon Wagub ini. Tetapi sesuai dengan mekanisme dan aturannya, parpol pengusung segera menyampaikan ke Gubernur, dan Gubernur menyampaikan ke DPRD Kepri," ujar Jumaga.

Kendati sempat terjadi perdebatan tentang penetapan calon, namun akhirnya Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak tetap menetapkan hanya satu nama yaitu Isdianto.

"Untuk satu nama calon lagi, kami meminta ke partai politik agar segera menyampaikan ke Gubernur, dan Gubernur menyampaikanya ke DPRD untuk diverifikasi baru ditetapkan sebagai calon tetap Wakil Gubernur Kepri," ujar Jumaga.

Editor: Yudha