Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiba di Lingga, Wapres Jusuf Kalla Langsung Diberi Gelar Adat Sri Perdana Mahkota
Oleh : Bayu Yiyandi
Minggu | 19-11-2017 | 15:39 WIB
wapres_tamadun.jpg Honda-Batam
Wapres Jusuf Kalla diapit Bupati Lingga Alias Wello dan Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Nurdin Basirun saat tiba di Lingga (Foto: Bayu Yiyandi)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Wakil Presiden (Wapres) RI, Muhammad Jusuf Kalla (JK) menerima penganugerahan gelar dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Kepri di aula Kantor Bupati Lingga, Minggu (19/11/2017) sore.

Penganugerahan gelar itu diterima JK setelah tiba di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau dengan menggunakan helikopter dari Kota Batam.

Jusuf Kalla yang ditemani istrinya Mufidah Kalla terlihat mengenakan pakaian baju kurung adat Melayu, dan Mufidah mengenakan tudung manto.

Pada prosesi tersebut, dilakukan pemasangan tanda kebesaran adat berupa Tanjak, Selempang, Keris dan Warkah oleh Ketua Lembaga Adat Melayu Provinsi Kepulauan Riau Datok Sri Setia Amanah, Abdul Razak.

Selanjutnya, prosesi pemberian gelar ini masuk ke tahap 'Bertepuk Tepung Tawar'. Jusif Kalla dan istrinya yang diberi gelar Sri Puan Mufidah Jusuf Kalla 'diperciki' beras dan air oleh pemuka adat setempat dan duduk di atas pelaminan.

"Pertama-tama saya ucapkan terimakasih atas penghormatan tinggi kepada saya dan istri saya. Setelah dipertimbangkan dengan baik. Amanah ini akan saya emban sebaik-baiknya," kata dia dalam sambutannya.

Ia mengatakan perbedaan-perbedaan yang ada di Nusantara telah berhasil menyatukan Indonesia. Menurutnya, Indonesia besar kerena terdiri dari beragam adat istiadat.

"Tapi Melayu selalu dan menjadi bagian sangat penting walaupun Melayu bukanlah penduduk terbesar negeri ini. Tapi kita semua sebangsa ini sepakat memakai bahasa Melayu sebagai bahasa Indonesia kita," jelasnya.

Sebagai sosok yang berasal dari Bugis, ia bercerita bahwa suku Bugis memiliki hubungan yang baik dengan warga Melayu. Keduanya sejak berabad-abad lalu selalu saling mendukung satu sama lain.

"Di sini begitu banyak suku Bugis, tetapi di Makassar juga banyak penduduk dari Melayu sehingga kampung yang pertama kali apabila masuk di Makassar adalah kampung Melayu. Tentu ini menjadi hubungan sedarah yang tidak bisa kita pisahkan," tegasnya.

Setelah menerima gelar adat Sri Perdana Mahkota Negara dari LAM, Jusuf Kalla berserta istri dan rombongannya membuka kegiatan Perhelatan Memulaikan Tamadun Melayu Antarbangsa (PMTMA) yang dipusatkan dihalaman kantor Bupati Lingga.

Editor: Surya