Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pembobol ATM di Mega Mall Sudah Empat Kali Beraksi
Oleh : Romi Candra
Jum\'at | 17-11-2017 | 17:38 WIB
ilustrasi-pembobolan-atm.jpg Honda-Batam
Ilustrasi pembobol ATM. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelaku percobaan pembobolan mesin ATM BNI di kawasan Mega Mall Batam Center, diketahui bernama Suandi (32). Dari pengakuannya, ia telah beraksi empat kali di Batam.

Pria asal Jambi tersebut, diduga sengaja datang ke Batam untuk mencoba peruntungan membobol mesin ATM. Namun dari empat kali beraksi, ia baru berhasil satu kali.

Kapolsek Batam Kota, Kompol Firdaus, mengatakan, pelaku datang ke Batam pada Sabtu (11/11/2017). Sampai di Batam, ia tinggal bersama rekannya, I, yang saat ini masih dikejar polisi (DPO). "Pelaku baru datang ke Batam, dan tinggal bersama rekannya di Botania," ungkap Firdaus, Jumat (17/11/2017).

Dilanjutkan, empat lokasi yang telah dilakukan, yakni mall depan Lapas Tembesi, ATM BNI dekat Kodim 0316/Batam dua kali, dan terakhir di Mega Mall. "Dari empat kali beraksi, baru satu kali berhasil di SPBU Kodim. Sementara tiga lainnya belum berhasil," jelasnya.

Untuk modus pelaku, menggunakan untuk menjepit kartu ATM yang dimasukkan korban saat ingin mengambil uang. Selain itu, juga menempel nomor call center pada mesin.

"Nomor call center yang ditempel, adalah nomor pelaku. Mereka beeharap nantinya korban yang memasukkan kartu ATM ke mesin yang sudah dipasangi mika akan menyangkut, sehinga korban menghubungi nomor call center yang sudah diganti pelaku," terangnya.

Begitu korban menghubungi lanjutnya, tentunya akan diminta nomor pin ATM, sehingga pelaku mengetahuinya. "Sedangkan kartu ATm korban sudah tidak bisa diambiil korban. Namun pelaku bisa mengambil dan sudah mengetahui pin korban," jelas firdaus.

Hingga kini, pihaknya masih melakukan pengembangan terkait kasus ini. "Pelaku baru satu dan yang lainnya masih dikejar. Kasus masih terus kita dalami," pungkasnya.

Editor: Dardani