Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Laga Pamungkas Group E Liga Champions

Drogba Antarkan Chelsea Tembus 16 Besar
Oleh : Redaksi/Mg
Rabu | 07-12-2011 | 09:27 WIB
Chelsea-Andre-Villas-Boas-640x360.jpg Honda-Batam

Bintang Chelsea asal Pantai Gading, Didier Drogba, saat menerima arahan dari Villas Boas. Foto:Goal

LONDON, batamtoday - Didier Drogba menjadi aktor utama dibalik sukses Chelsea lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Dua gol serta satu assist yang berbuah gol Ramires mengantar The Blues membekap Valencia 3-0 di matchday pamungkas penyisihan Grup E Liga Champions, Rabu (7/12/2011) dini hari WIB.

Sejak peluit pertama dibunyikan, Chelsea dan Valencia langsung menampilkan permainan terbuka. The Blues yang tampil di hadapan publiknya di Stamford Bridge, bahkan langsung mengancam di menit pertama melalui Raul Meireles. Sayang, tendangan jarak jauh Meireles masih mampu diamankan kiper Los Che, Diego Alves.

Namun dua menit kemudian, atau tepatnya di menit ketiga, Chelsea akhirnya sukses membobol gawang Valencia. Berawal dari pergerakan Daniel Sturridge yang memberikan umpan silang kepada Juan Mata di kotak penalti. Mantan pemain Valencia ini langsung menyodorkannya ke arah Didier Drogba yang sejurus kemudian melepaskan tembakan kaki kiri yang tidak mampu dibendung Alves. 1-0 Chelsea unggul.

Tersentak dengan gol cepat Chelsea, kubu Valencia langsung merespon dengan meningkatkan tempo serangan. David Albelda memberikan ancaman pertama lewat tendangan jarak jauh. Beruntung bagi Chelsea, kipernya Petr  Cech sigap menepis bola yang mengarah ke pojok gawangnya.

Setelah saling jual beli serangan di 20 menit pertama, Chelsea berhasil menambah pundi-pundi golnya di menit ke-22. Didier Drogba yang menerima umpan dari Cech, langsung meneruskannya dengan mengirim umpan terobosan ke arah Ramires. Sial bagi Valencia, bek Victor Ruiz yang mengawal pergerakan Ramires melakukan blunder sehingga bola berhasil dicuri Ramires yang dengan mudah menaklukkan Alves. Skor 2-0 membuat Chelsea semakin berada di atas angin.

Tertinggal dua gol, anak-anak asuh Unai Emery tak patah arang. Mereka terus berupaya menekan pertahanan Chelsea yang digalang David Luiz dan John Terry. Namun, mereka tak bisa leluasa mendikte permainan, karena Chelsea selalu siap mengancam lewat dua bombernya Drogba dan Sturridge yang tampil cukup padu. Alhasil, skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Jika mampu mempertahankan keunggulannya hingga akhir laga, maka Chelsea dipastikan lolos ke babak 16 besar. Sementara bagi Valencia, kekalahan dipastikan membuat mereka harus turun kasta ke ajang Europa League.

Di babak kedua, Chelsea tetap mengendalikan tempo permainan, sementara Valencia terus berupaya meningkatkan serangan demi mengejar defisit dua gol. Menyadari timnya kurang daya gedor, Emery memasukkan Aritz Aduriz menggantikan Jordi Alba, untuk menemani Roberto Soldado di lini depan.

Namun, justru Chelsea yang membuka peluang lebih dulu. Daniel Sturidge sukses menerobos kotak penalti dan melepaskan tembakan dari sudut sempit, namun masih mampu dibendung Alves. Valencia merespon dengan peluang yang dimiliki Sofiane Feghouli yang sayangnya masih mampu diredam Cech.

Saat tengah fokus menyerang, Valencia harus kembali tertunduk setelah Drogba sukses mencetak gol keduanya di pertandingan ini. Memanfaatkan umpan terobosan manis Mata, striker yang belakangan lebih banyak duduk di bangku cadangan ini tidak kesulitan menaklukan Alves untuk membawa Chelsea unggul 3-0.

Dengan keunggulan 3-0 di 10 menit tersisa, pelatih Andre Villas Boas melakukan penyegaran dengan memasukkan Fernando Torres menggantikan Drogba yang mendapat standing ovation, saat meninggalkan lapangan. Tak berapa lama berselang, giliran Juan Mata yang ditarik dan memasukkan Florent Malouda. Sebelumnya, untuk menjaga keseimbangan, AVB memasukkan John Obi Mikel menggantikan Ramires.

Pergantian ini cukup sukses membantu Chelsea mempertahankan kendali permainan. Meski Valencia terus memberikan tekanan, namun The Blues sukses menjaga keunggulannya hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga.

Dengan hasil ini, Chelsea dipastikan lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup E. Dengan koleksi 11 poin, Chelsea unggul satu angka dari Bayer Leverkusen yang di saat bersamaan bermain imbang 1-1 kontra Racing Genk. Chelsea dan Bayer menjadi wakil dari grup B di fase knock-out, sementara Valencia yang menempati peringkat tiga, harus rela turun kasta dan berlaga di Europa League.

Susunan Pemain:

Chelsea: Cech; Ivanovic, Luiz, Terry, Cole; Romeu, Ramires/Obi Mikel, Meireles; Mata/Malouda, Drogba/Torres, Sturridge.

Valencia: Alves; Barragan, Rami, Alba, Ruiz; Mathieu, Albelda, Feghouli, Costa; Jonas, Soldado.