Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rencananya Diresmikan Presiden Jokowi

340 Layanan Perizinan Tersedia di Mall Pelayanan Publik
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 08-11-2017 | 16:02 WIB
Rudi-MPP1.gif Honda-Batam
Wali Kota Batam, Rudi tinjau persiapan Mall Pelayanan Publik (MPP) di Gedung Sumatera Promotion Centre. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam waktu dekat ini, seluruh proses perizinan di Kota Batam akan dilayani di satu tempat yakni Mall Pelayanan Publik (MPP) di Gedung Sumatera Promotion Center (SPC), Batam Centre. Setidaknya sebanyak 340 jenis izin yang dilayani di MPP ini.

Tanggal 23 November 2017 mendatang diharapkan semua instansi sudah menempati stan yang sudah di siapkan. Karena 5 Desember mendatang Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan melakukan peresmian dibarengi dengan fly over Simpang Jam.

"Jumlah instansinya saya kurang hafal, tapi jumlah perizinan yang ada di Mall Pelayanan Publik semua hampir 340 termasuk yang non perizinan. Perizinan yang ada di Pemko semuanya akan pindah di sini. Jadi masyarakat tinggal datang ke tempat ini saja," ujar Gustian Riau, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Batam.

Instansi pemerintahan yang akan menempati MPP dalam proses perizinan seperti Pemko Batam, BP Batam, Imigrasi, Samsat, BPN, Polri, Bea Cukai, dan Kadin Batam. Sedangkan pelayanan non pemerintah seperti PLN Batam, PT Adhya Tirta Batam (ATB), Notaris, Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), dan Real Estate Indonesia (REI).

"Nanti hampir semua perizinan yang ada di Mall Pelayanan Publik sudah berbasis online. Program kami kedepan proses antrian pengurusan izin menggunakan SMS saja, tidak lagi antri di tempat," katanya.

Bahkan kata Gustian, MPP di Batam paling lengkap di Indonesia dalam proses perizinan dibandingkan daerah lain seperti DKI, Bayuwangi dan Surabaya yang telah dikunjunginya.

Tidak hanya itu, yang paling istimewa di MPP akan disediakan lokasi atau ruangan khusus VIP untuk para investor yang menggunakan layanan KLIK.

"Mereka tinggal duduk saja di sana, diruangan VIP itu sudah ada keseluruhan perizinan melalui fasilitas KLIK," pungkasnya.

Editor: Yudha