Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lanal Batam Sosialisasikan Keselamatan Pelayaran kepada Ratusan Nelayan
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 07-11-2017 | 10:26 WIB
sos-lanal-batam.jpg Honda-Batam
Sosialisasi progam peduli keselamatan pelayaran di Kantor Camat Batuampar. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 250 warga nelayan di wilayah Kelurahan Tanjungsengkuang, Kota Batam mengikuti sosialisasi progam peduli keselamatan pelayaran yang diselenggarakan di Kantor Camat Batuampar, Senin (6/11/2017).

Sosialisasi dilaksanakan dengan pemberi materi dari Lanal Batam, Distrik Navigasi Kelas 1 Tanjungpinang, Kasi Tertib Berlayar Kantor Pelabuhan Kota Batam dan Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kota Batam.

Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo mengatakan, sosialisasi tentang keselamatan pelayaran nelayan dan masyarakat maritim ini terselenggara berkat kerja sama antara Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Batam dengan Kelurahan Tanjungsengkuang, Kecamatan Batuampar.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) yang dilaksanakan oleh Pangkalan TNI AL secara serentak di jajaran Koarmabar, melalui pembinaan potensi maritim dan akan dilaksanakan secara berkesinambungan di daerah pesisir yang lain.

"Hal tersebut sebagai salah satu wujud kegiatan Komsos dan Bintahwil Lanal Batam bagi masyarakat maritim di wilayah Batam," ungkap Ivong, melalui rilisnya, Selasa (7/11/2017) pagi.

Ditambahkan, ada beberapa materi yang disampaikan terkait dengan keamanan berlayar seperti penggunaan live jacket saat melakukan pelayaran, menunda melakukan kegiatan pelayaran disaat cuaca buruk, selalu mematuhi rambu-rambu navigasi, memastikan kapal dalam kondisi siap berlayar/laik layar serta yang tak kalah penting adalah melengkapi dokumen kapal saat berlayar.

Disampaikan pula, maksud dan tujuan dilaksanakan sosialisasi ini agar nelayan dan masyarakat lebih terjamin dan peduli terhadap keselamatan pelayaran di laut. Selain itu, juga agar terjalin hubungan baik antara masyarakat dan TNI AL sehingga pada akhirnya tercipta kondisi yang aman dan tenteram di bawah bingkai NKRI.

Ivong juga mengucapkan terima kasih kepada unsur terkait yang telah bekerjasama dengan Lanal Batam, sehingga acara dapat terselenggara sesuai yang diharapkan.

Acara sosialisasi diakhiri dengan pemberian kelengkapan keselamatan berlayar berupa pelampung (life jacket) kepada beberapa perwakilan nelayan dan masyarakat maritim oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut Batam.

Editor: Gokli