Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebanyak 750 Karateka Ikuti Kejuaraan Inkado Open Championship di Batam
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 02-11-2017 | 12:13 WIB
Inkado.jpg Honda-Batam
Pembukaan Kejuaraan karate Inkado Open Championship di Hi Tes Arena, Batam Center, Kamis (2/11/2017). (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 750 atlet karate dari seluruh Indonesia dan beberapa negara tetangga, akan mengikuti Kejuaraan karate Inkado Open Championship di Hi Tes Arena, Batam Center, yang dibuka pada hari ini, Kamis (2/11/2017).

Kejuaraan ini, akan diselenggarakan hingga tanggal 4 November 2017 mendatang. Turut hadir dalam pembukaan, Ketua Harian Indonesia Karate Do (Inkado), Gubernur Kepri yang diwakili Asisten II Provinsi Kepri, dan Ketua DPRD Kepri.

Ketua Harian Inkado Pusat, Rasio Ridho Sani, mengatakan, kejuaraan jni digelar bertujuan untuk mencari bibit karateka berprestasi yang ada di daerah untuk dibawa ke kanca nasional maupun dunia.

"Para juara nantinya akan dibawa untuk bertanding pada kejuaraan nasional pada Desember mendatang. Dengan pertandingan yang diselenggarakan ini, bisa untuk kita mencari karateka yang berpretasi di daerah," ungkap Rasio, usai membuka secara resmi kejuaraan tersebut.

Dilanjutkan, seni bela diri karate, tidak hanya untuk menoreh prestasi, tapi juga ditujukan membentuk karakter generasi penerus bangsa.

"Dalam olahraga karate, diajarkan bagaimana bersikap disiplin, bertanggungjawab serta peka terhadap lingkungannya," lanjutnya.

Sementara Ketua Inkado Kepri, Darwin, mengatakan, dalam kejuaraan ini akan dipertandingkan sebanyak 73 kelas, mulai dari tingkat pra usia dini sampai senior.

"Ini merupakan jumlah peserta terbanyak selama kegiatan yang telah dilakukan. Peserta tidak hanya dari berbagai daerah di Indonesia, tapi dari negara tetangga juga ikut berpartisipasi," jelasnya.

Ketua DPRD Kepri, Juamaga Nadeak, juga mengatakan, keberadaan atlet merupakan salah satu sarana untuk menaikkan nama suatu daerah. Disamping untuk menoreh prestasi, juga menciptakan tubuh yang sehat.

"Saya berharap dalam pertandingan nanti bisa menghasilkan bibit yang tangguh dan bisa bersaing di kancang nasional maupun internasional," tuturnya.

Sedangkan Asisten II Kepri, Samsul Barum, yang mewakili Gubernur Kepri, mengatakan, karateka harus memegang teguh tiga prinsip. Yakni, sanggup menguasai diri, sanggup menjaga sopan santun dan sanggup meningkatkan prestasi.

"Tiga hal ini yang dimiliki oleh seorang karateka, agar bisa lebih baik dan menjadi atlet yang unggul," pungkasnya.

Editor: Gokli