Atasi Masalah Lokal dan Nasional

Pengguna Sosial Media Harus Manfaatkan Kekuatan Teknologi Digital
Oleh : Suci Rahmadani
Sabtu | 28-10-2017 | 19:02 WIB
sosmed-di-Batam.gif
Kolaborasi Greeneration Foundation dan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta (Foto: Suci Rahmadani)

BATAMTODAY. COM, Batam - Kota Batam dijadikan lokasi ke-6 program lokakarya 'Social Media for Social Good' atau #SocMed4SocGood# yang dibalut dalam kolaborasi Greeneration Foundation dan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.

Debby Yuni Anita Andri yang merupakan Owner of Zoveniu Social Media Marketing menjelaskan, program ini hadir tidak terlepas dari peran pengguna internet yang semakin meningkat dan pengguna media sosial di Indonesia yang ikut menduduki peringkat atas di dunia.

"Pada 26 Oktober 2016, menurut hasil penelian yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APIII) yang dilakukan selama 2016, menemukan bahwa dari 256,2 juta penduduk Indonesia, sebanyak 132,7 juta orang di antaranya telah terhubung ke intenet," katanya, Jumat (27/10/2017) malam, saat konfrensi pers di Tea Box.

Sementara dalam penggunaan media sosial, sebuah perusahaan riset dan analisis dari Inggris, TNS, menyebutkan bahwa Indonesia berada di peringkat ke-3 pengguna lnstagram. Data lain menyebutkan bahwa Indonesia merupakan pengguna terbesar ke-3 Twitter, dan pengguna terbesar ke-4 media social Facebook.

"Dari survei yang dipresentasikan oleh APJII itu tercatat bahwa sekitar 86,3 juta orang atau 65 persen dari angka total pengguna intenet tahun ini berada di Pulau Jawa," paparnya.

Dalam penggunaan media sosial, masih didominasi kalangan muda dan di kawasan perkotaan seperti Jakarta dan beberapa kota besar lainnya di Pulau Jawa. Sementara di daerah-daerah dan pulau lain, pengguna media sosial media masih relatif rendah. Padahal di beberapa daerah tersebut memiliki angka masalah lingkungan dan pendidikan yang sangat akut.

Founder of Good News From Indonesia, Akhyari Hananto, menjelaskan bahwa kehadiran mereka untuk mengajak dan memberikan wawasan kepada para masyarakat lokal, baik individu maupun komunitas dari berbagai sektor dan latar belakang untuk memanfaatkan kekuatan teknologi digital, sehingga mampu berperan dalam mengatasi permasalahan lokal atau nasional yang dihadapi.

"Kegiatan ini mulai dari 28-29 Oktober 2017 di Batam dan sekaligus menjadi kota ke-6 program #SocMed4SocGood# di tahun 2017 ini, setelah sebelumnya dilaksanakan di Pontianak, Palembang, Banyuwangi, Maumere, dan Ambon. Kali ini Greeneration Foundation berkerja sama dengan Blogger Kepri sebagai mitra lokal pelaksana," ujar Akhyari.

Lokakarya ini mengundang 150 peserta yang merupakan pegiat media sosial di Batam, yang mendengar terlebih dahulu.

Tahun lalu, program lokakarya ini sudah mengajak 1000 peserta #SocMeMSocGood# 2016, dengan menghadirkan 12 narasumber gerakan sosial di Indonesia dan mencapai 7 juta impresi di media sosial #SocMedASocGood.

"Harapan kami dalam pelaksanaan lokakarya ke-7 nanati, rate kedepan semakin banyak peserta dari tahun sebelumnya," tandasnya.

Editor: Udin