Drainase di Kelurahan Buliang dan Tanjungucang Segera Dinormalisasi
Oleh : Yosri Nofriadi
Sabtu | 14-10-2017 | 09:14 WIB
drainase-11.jpg
Satu unit alat berat amfibi mengeruk drainase utama di depan perumahan Sierra, Kelurahan Bukit Tempayan, Batuaji. (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Bina Marga saat ini tengah melakukan sejumlah perbaikan drainase di Kota Batam untuk mengatasi persoalan banjir. Di Kecamatan Batuaji sendiri, satu unit eskavator amfibi diterjunkan untuk perbaikan drainase.

Satu unit alat berat amfibi masih fokus mengeruk drainase utama di depan perumahan Sierra, Kelurahan Bukit Tempayan, Batuaji. Rencananya setelah di lokasi tersebut, alat berat amfibi itu juga akan mengeruk dan memperlebar drainase utama di dekat perumahan Kodim, Kelurahan Buliang dan di Marina, Tanjunguncang.

"Kita utamakan dulu perbaikan drainase di titik-titik yang rawan banjir, karena persoalan ini sudah sangat mendesak," kata ?Camat Batuaji Fridkalter, Jumat (13/10/2017).

Fridkalter menuturkan, saat ini ada tiga titik drainase yang sedang dan akan dikerjakan, merupakan drainase utama yang menjadi kunci bagi wilayah sekitar agar terhindar dari bahaya banjir.

"Nanti amfibi ini akan dipindahkan ke Kelurahan Buliang dan Tanjunguncang.? Pengerjaannya akan dikerjakan sampai tuntas. Dalam arti bahwa normalisasi harus tembus ke titik drainase berikut yang menjadi alur akhir drainase itu," katanya.

Setelah perbaikan dan pelebaran drainase, pembuatan semenisasi atau batu miring juga akan dilakukan. Hal itu dibuat untuk menghindari terjadi pendangkalan ataupun penyempitan alur air.

Pasalnya jika hanya digali, normalisasi tersebut tidak akan bertahan lama mengingat kurannya kesadaran warga membuang sampah pada tempatnya.

"Normalisasi akan sampai ke drainase utama di sekitar pasar Aviari. Ini bertujuan agar aliran air dari lokasi drainase yang sedang dikerjakan itu tidak tersumbat di drainase dekat pasar Aviari. Begitu juga ke arah Sagulung sebagai pembuangn akhir harus tuntas juga," tutupnya.

Editor: Gokli