Drainase Sepanjang Jalan Putri Hijau Sagulung Dinormalisasi
Oleh : Yosri Nofriadi
Senin | 09-10-2017 | 11:26 WIB
drainase-sagulung1.jpg
Normalisasi drainase di Jalan Putri Hijau Sagulung. (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Banjir yang kerap menenggelamkan jalan menuju Kantor Camat dan Polsek Sagulung mulai diperhatikan pemerintah. Drainase yang menjadi penyebab banjir di lokasi jalan tersebut mulai dinormalisasi oleh tim gabungan dari Kecamatan Sagulung dan Dinas Bina Marga Kota Batam.

Normalisasi berupa membersihkan tanah dan sampah yang menyumbat saluran drainase tersebut. Pengerjaan baru dimulai di saluran drainase dekat kawasan SP Plaza.

Satu unit alat berat tampak sibuk mengeruk tanah dan sampah yang terpendam di sepanjang saluran drainase tersebut.

Camat Sagulung Reza Khadafi menuturkan, sesuai rencana awal normalisasi drainase dari jalan utama menuju hilir itu masih menjadi satu upaya normalisasi saluran drainase di Batuaji dan Sagulung secara umum.

Sebelumnya pihak Kecamatan bersama Dinas Bina Marga sudah berupaya keras membersihkan parit di pinggir jalan utama R Suprapto, nah untuk melanjutkan normalisasi itu tim gabung juga melanjutkan normalisasi drainase hingga ke hilir sungai pembuangan.

"Jadi jalur yang diperbaiki ini juga jalur utama menuju ke akhir pembuangan di pantai sana, makanya ini juga harus dibersihkan," ujar Reza, Senin (9/10/2017).

Meskipun memiliki peran yang cukup besar sebagai drainase yang menghubung ke lokasi pembuangan akhir atau hilir, namun drainase di sepanjang jalan Puteri Hijau ini selama ini tidak berfungsi maksimal.

Selain belum tersentuh semenisasi, drainase juga sudah tersumbat karena dipenuhi sampah dan endapan tanah. Imbasnya setiap hujan turun sepanjang jalan tersebut selalu terendam banjir.

Editor: Gokli