Doa Kerukunan Bangsa Umat Budha Batam

Kemenag Sebut Subsatansi Agama Mempermudah Dalam Tujuan Yang Sama
Oleh : Charles Sitompul
Jum\'at | 06-10-2017 | 18:50 WIB
Doa-untuk-Kerukunan-Umat-Beragama-di-Batam-oke.gif
Foto bersama Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifudin bersama perangkat daerah dan FKPD pada acara Doa untuk Kerukunan Bangsa, Wahana Negara Raharja 2017, Jumat (6/10/2017) di Hotel Radison Batam (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifudin, mengatakan bahwa esensi atau substansi setiap agama adalah mempermudah dalam tujuan yang sama, yaitu bagaimana ajaran agama tersebut bisa memanusiakan manusia.

"Jadi kalau ada agama yg membuat kita saling berjarak, saling menyakiti, meniadakan satu dengan yang lain, mengecilkan yang lain, maka kita harus koreksi diri apakah betul ajaran agama sudah kita laksanakan dengan baik," ujar Lukman, saat membuka secara resmi acara Doa untuk Kerukunan Bangsa, Wahana Negara Raharja 2017, Jumat (6/10/2017) di Hotel Radison Batam.

Dalam kesempatan itu, Menteri Lukman juga berpesan pada seluruh ummat beragama yang hadir pada acara tersebut bahwa menjaga kerukunan adalah  wujud dari cinta tanah air. Tuhan menciptakan keberagaman untuk saling mengisi dan saling menyempurnakan satu dengan yang lain.

Ajaran setiap agama tambah Menteri, tidak hanya mengajarkan tunduk pada Tuhan, tetapi ketundukan tersebut juga untuk dipraktikkan dalam memperbaiki hubungan pada masyarakat.

"Maka itu, setiap umat beragama harus bertanggung jawab terhadap tanah airnya. Agar bisa menekan egonya  masing-masing. Mengurangi menuntut dan lebih memperbanyak memberi," tambahnya.

Wahana Negara Raharja (WNR) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Nichiren Syosyu Budha Dharma Indonesia yang datang dari seluruh daerah se-Indonesia.

Doa untuk Kerukunan Bangsa adalah wujud dari rasa terima kasih dan dukungan umat MNSBDI bagi terciptanya kerukukan hidup masyarakat Indonesia. Sebanyak 1.700 umat Budha hadir dalam kesempatan tersebut.

Selain Gubernur Kepri, turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, Dirjen Bimbingan Masyarakat Budha Caliadi, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kepri Marwin Djamal, Danren 033 Wira Pratama Fachri, Walikota Batam Muhammad Rudi, Sekretaris MUI Batam Muhammad Santoso.

Editor: Udin