Pengawasan Orang Asing di Kapal, Imigrasi Batam Luncurkan Aplikasi E-Clearance
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 06-09-2017 | 15:26 WIB
Kepala-Imigrasi-Batam1.gif
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Imigrasi kelas 1 Khusus Batam meluncurkan aplikasi E-Clearance atau pengawasan lalu lintas angkutan laut. Guna membantu kenerja petugas imigrasi dalam pengawasan orang asing yang berada di kapal.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto mengatakan aplikasi E-Clearance merupakan suatu inovasi yang dibentuk untuk membantu kinerja petugas. Aplikasi ini juga sangat membantu dan memudahkan pihak perusahan maupun agen pelayaaran dalam urusan pendataan kapal.

"Selama ini, mereka pendataan orang asing dilakukan secara manual, dimana perusahan atau agen pelayaran datang dan melaporkan ke petugas imigrasi," ujar Lucky Agung Binarto, Rabu (6/9/2017).

Dengan dibentuknya pelayanan E-Clearance ini, kapal-kapal yang yang masuk ke wilayah perairan Indonesia khususnya Batam dapat di pantau langsung dari setelit oleh petugas Imigrasi. Di layar monitor nantinya teridentifikasi kapal-kapal yang sudah atau belum melakukan E-Clearance.

"Terutama diwilayah perairan Batam dapat dipantau langsung dari satelit oleh petugas kami. Dimana dilayar monitor akan tampak kapal-kapal yang sudah maupun belum melakukan E-Clearance," tuturnya.

Karena menurutnya jumlah kapal yang masuk di perairan Batam setiap hari bisa mencapai puluhan. Sehingga sistem ini sangat memudahkan agan kapal dan Imigrasi.

"E-Clearance ini yang pertama kali di Inodnesia. Palikasi ini akan diberlakukan wajib kepada seluruh perusahaan pelayaran kapal-kapal yang masuk Batam," pungkasnya.

Editor: Yudha