Bangunan Liar Depan Kantor Camat Batuaji Jadi Target Penertiban Tim Terpadu
Oleh : Yosri Nofriadi
Rabu | 06-09-2017 | 14:26 WIB
Ruli-kantor-camat1.gif
Bangunan liar di depan Kantor Camat Batuaji. (Foto: Yosri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bangunan dan kios liar yang menjamur di atas parit depan Kantor Camat Batuaji jadi target penertiban Tim Terpadu Kota Batam untuk mengembalikan fungsi drainase.

Camat Batuaji Fridkalter menuturkan, penertiban itu merupakan tindak lanjut dari program normalisasi drainase yang sedang gencar dilakukan Pemko Batam saat ini. Sebelumnya Tim Terpadu sudah menertibkan bangunan liar yang berdiri di atas drainase depan kantor kelurahan Kibing. Saat ini drainase tersebut sudah bersih dari bangun liar dan fungsi drainase sebagai saluran pembuangan sudah dikembalikan.

"Target selanjutnya di sini depan Kantor Camat kami ini. Itu bangunan liar semakin banyak dan semakin maju ke badan jalan. Drainase sudah tak berfungsi normal karena diatasnya banyak berdiri bangunan liar lain," ujar Fridkalter, Selasa, (6/9/2017).

Untuk menertibkan lokasi kios liar itu, pihak kecamatan sudah koordinasi dengan Satuan Polisi Pamong (Satpol PP) kota Batam untuk memberikan teguran dan peringatan kepada pemilik bangunan liar itu.

"Ini masih tahap sosialisasi. Kami minta bantuan Satpol PP. Nanti kalau sudah diberi peringatan sampai tiga kali apapun ceritanya harus dibongkar," tegas Fridkalter.

Di Kecamatan Batuaji, persoalan bangunan liar yang menutup badan drainase juga terjadi di Perumahan Kodim, Kelurahan Buliang, Komplek Pasar Melayu kelurahan Kibing dan di depan Perumahan Prima Garden, Tanjunguncang. Ketiga titik itu, kata Fridkalter juga akan ditertibkan sebab menutup drainase.

"Tapi yang tiga ini belum bisa dilakukan karena alat berat masih bekerja di kecamatan lain. Itu harus pakai alat berat amfibi karena drainasenya besar dan dalam," tutur Fridkalter.

Editor: Yudha