Sempat Salah Ucap, Upacara Bendera Merah Putih Berjalan Hikmat di Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 17-08-2017 | 18:50 WIB
Pengibaran-sang-merah-putih-di-Batam.gif
Upacara pengibaran bendera merah putih dalam memperingati hari HUT RI ke-72 pada 17 Agustus 2017 di Lapangan Engku Putri, Batam Center (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Upacara pengibaran bendera merah putih dalam peringatan HUT RI ke-72, Kamis, 17 Agustus 2017, di Lapangan Engku Putri, Batam Center, sempat menghebohkan para tamu yang hadir.

Pasalnya, Komandan Upacara Kapten Infantri Tri Hasan Khuadi sempat salah ucap di hadapan Inspektur Upacara Muhammad Rudi yang juga merupakan Wali Kota Batam, saat memberikan laporan upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

"Lapor, upacara Detik-detik Proklamasi dalam rangka peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia siap dimulai," ucap komandan upacara kepada inspektur upacara.

Ucapan itu sontak membuat kaget para tamu undangan dan masyarakat yang mengikuti upacara. Meskipun salah ucap, pelaksanaan upacara tetap berjalan tanpa ada pengulangan laporan.

"Kok 71, sekarang kan 72," kata pengunjung yang merasa ucapan komandan upacara salah.

Meskipun demikian, suasana upacara Detik Detik Proklamasi dan pengibaran bendera tetap berjalan hikmat. Hanya saja, perlu diketahui, menjadi Komandan Upacara tidak lah gampang. Tekanan luar biasa dan tuntutan untuk 'perfect' membuat beban yang dipikul sangat berat.

Apalagi Komandan Upacara, merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam melaksanakan upacara. Konsentrasi menjadi harga mati saat akan melaksanakan tugas. Jika tidak konsentrasi, maka kejadian ini akan kembali terulang.

Editor: Udin