Rapat Anev Kinerja Polda Kepri

Kapolda Kepri Wanti-wanti Kapolres Tanjungpinang Soal Pilwako
Oleh : Hadli
Rabu | 16-08-2017 | 08:24 WIB
kapolda_di_rapat_anev.jpg
Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian pada rapat anev. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polda Kepri menggelar rapat evaluasi, Anev Kinerja Polda Kepri semester I Tahun 2017 di Gedung Lancang Kuning, Mapolda Kepri, Selasa (15/08/2017).

Hadir pada rapat anev itu, Wakapolda Kepri, Irwasda Polda Kepri, Ketua KPU Kota Tanjungpinang Robby Patria, para pejabat utama Polda Kepri dan para Kapolres.

"Kita perlu ketahui bersama jumlah Kriminalitas yang terjadi pada semester I tahun 2017 berjumlah 2.318 kasus dengan penyelesaian perkara sebanyak 1.170 kasus," ujar Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian pada rapat anev tersebut.

Dari jumlah diatas, lanjut Sam Budigusdian, sebanyak 18 persen jumlah kecelakaan lalu lintas dari 466 kasus yang selesai berjumlah 210 kasus atau sama dengan 45.1 persen. Bidang pembinaan perkara anggota sebanyak 49 kasus dengan penyelesaian berjumlah 11 kasus atau 22,4 persen.

Rapat juga membahas angaran dan penyerapannya dalam Semester I ini. Sam mengatakan, anggaran tahun 2017 sebesar Rp 702.235.948.000,- dengan penyerapan anggaran sebesar Rp 344.373.349.597,- atau sebesar 49,47 persen.

"Dari data tersebut, masing-masing Kasatker dan Kasatwil dapat mengevaluasi kelemahannya dan langkah-langkah upaya yang dilakukan untuk mencapai target," tegasnya.

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Robby Patria memaparkan tahapan Pilwako Tanjungpinang. Berdasarkan PKPU no 1 tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pilgub dan Wagub, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Walikota dan Wakil Walikota.

Secara gamblang telah dijelaskan, mulai dari tahap persiapan Pilkada yang diawali penerimaan daftar agregat kependudukan per-kecamatan, yaitu pada tanggal 31 juli 2017, dan diakhiri sampai dengan selesainya penyelenggaraan pilkada pada tanggal 9 juli tahun 2018,

"Dapat dipahami dan diantisipasi oleh anggota Polda Kepri dan khususnya oleh Kapolres Tanjungpinang beserta jajarannya, sehingga dalam pelaksanaannya berjalan dengan aman dan kondusif," pesan Sam.

Kapolda Kepri itu juga memberikan arahan soal reward dan punishment kepada anggota untuk mendorong motivasi dalam meningkatkan kinerja sesuai bidangnya yang dapat dilihat hasilnya dari anev kinerja mingguan dan bulanan.

Kemudian, adakan kegiatan bersama lintas sektoral guna meningkatkan sinergitas dalam menyelesaikan segala permasalahan yang terjadi sekecil apapun di tingkat desa.

Laporkan kejadian menonjol yang terjadi dan langkah-langkah upaya yang dilakukan. Sehingga Polda siap mem-back up jika Polres memerlukan bantuan anggota, sarana prasarana serta anggaran.

"Laksanakan tugas dengan sikap humanis namun tegas di dalam penegakan hukum sebagai langkah akhir setelah dilakukan tindakan preemtif dan preventif. Awali semua kegiatan dengan doa dan utamakan keselamatan diri dari segala ancaman. Tetap jaga kekompakan dan soliditas organisasi, jangan biarkan ada pihak yang berusaha untuk merusak kebersamaan serta keharmonisan Polri," demkian arahan Kapolda.

Editor: Dardani