Cegah Banjir, Jalan Masuk Kavling Baru Sagulung Dibongkar
Oleh : Yosri Nofriadi
Selasa | 08-08-2017 | 14:14 WIB
Jalan-kavling-baru1.gif
Penutupan jalan Kavling Baru akibat pembangunan jembatan. (Foto; Yosri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jalan masuk Kavling Baru, Kelurahan Seilangkai, Sagulung ditutup sementara waktu. Itu karena lokasi persimpangan itu akan dibangun jembatan akibat penyempitan drainase.

Camat Sagulung Reza Khadafi menuturkan, penutupan jalan tersebut bisa berlangsung selama tiga atau empat bulan kedepan. Pekerja dari Dinas Bina Marga kota Batam akan membongkar seluruh badan jalan yang ada di persimpangan itu dan membangun jembatan dengan lebar sekitar enam meter.

"Penutupan itu hanya jalan masuk ke Kavling Baru saja. Kalau jalan umum R Suprapto tidak karena jembatan yang akan dibangun persis di simpang jalur menuju kesana," ujar Reza, Selasa (8/8/2017).

Pembangunan jembatan sendiri sambung Reza, merupakan tindak lanjut dari Dinas Bina Marga untuk mengatasi persoalan banjir di wilayah Batuaji dan Sagulung. Selain itu, pembangunan jembatan itu bertujuan untuk memperlebar saluran drainase yang menjadi jalur penyebrangan air dari Batuaji ke Sagulung.

Drainase penyebrangan itu selama ini hanya berupa gorong-gorong saja dengan diameter hanya sekitar satu meter dan itu menjadi penyebab banjir di wilayah Batuaji ataupun Sagulung selama ini.

"Makanya untuk mengatasi potensi banjir harus dibangun jembatan agar drainase penyebrangan lebih besar dan tidak lagi menghambat air yang ngalir," ujar Reza lagi.

Pantauan di lapangan simpang masuk Kavlling Baru sudah ditutup. Sejumlah material pembangunan jembatan telah diturunkan ke lokasi. Dari plang proyek yang ada pembangunan drainase tersebut akan dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT Hasea Gandatama. Proyek tersebut menelan anggaran sebesar Rp 2,6 miliar dengan waktu pengerjaan 15 hari kalender kerja.

Editor: Yudha