Meski Hujan dan Angin Kencang, Arus Transpotrasi Laut di PDS Tetap Lancar
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 08-08-2017 | 10:38 WIB
pds-00.gif
Arus transportasi laut di PDS berjalan normal meski hujan dan angin kenjang pada Selasa (8/8/2017). (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hujan lebat disertai angin kencang tidak membuat aktivitas trasportasi laut di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) terhambat. Semua jalar pelayaran tetap berjalan sesuai jadwal.

"Memang hujan deras dan angin kencang, tapi tidak ada hambatan. Kapal penumpang tetap berlayar," ujar Kepala Pos Syahbandar PDS, Artonny saat dihubungi Selasa (08/08/2017) pagi.

Ia mengaku kapal penumpang tetap berangkat sesuai jadwal keberangkatan, meskipun hujan lebat. Sejak pagi hingga saat ini, tidak satupun kapal yang mengalami penundaan akibat cuaca.

"Semua dari pagi sampai sekarang, kapal berangkat sesuai jadwal, tidak ada penundaan. Itu disebabkan jarak pandang masih normal atau 1 mil," tegasnya.

Kendati demikian, Kapten kapal yang sudah diberangkatkan harus mematuhi rambu-rambu lalu lintas saat berlayar. Kurangin kecepatan kapal saat hujan dan angin kencang melanda perairan.

Apabila diperjalanan cuaca buruk agar nakhoda kapal tidak memaksakan pelayaran dan berlindung di pulau terdekat atau kembali ke Pelabuhan Sekupang.

"Kami terus tekankan kepada Kapten kapal tetap berkordinasi dengan Syahbandar di pelabuhan dengan selalu menginformasikan keadaan cuaca di perairan," pungkasnya.

Editor: Gokli