Permudah Pengurusan Akta Lahir, Disduk Batam Gandeng Rumah Sakit
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 05-08-2017 | 13:38 WIB
Kadisduk-Said.gif
Kadisduk Batam Said Haidar (Kiri) saat menerima blanko E-KTP beberapa waktu lalu. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapail) Kota Batam berencana jalin kerjasama dengan seluruh rumah sakit di Batam dalam pengurusan akta lahir.

Hal itu dilakukan untuk mempermudah pengurusan akta dan mengurangi antrian di kantor Disuk Batam. Pasalnya setiap harinya sebanyak 200 nomor antrian habis dalam waktu sekejap.

"Pengurusan akte lahir akhir-akhir ini sangat ramai, nomor antrian sudah habis dari pagi. Ini menunjukkan antusias masyarakat anak sangat tinggi," ujar Kepala Disdukcapil Kota Batam, Said Haidar, Sabtu (5/8/2017).

Dijelaskan, dengan adanya kerjasama tersebut nantinya pasien yang baru melahirkan bisa mengurus akta langsung di rumah sakit.

"Kedepan kita akan buat beberapa penawaran kerjasama terhadap beberapa rumah sakit di Batam, agar dapat membantu akan kepengurusan akte kelahiran, supaya dapat dicetak langsung di rumah sakit," ujarnya.

Menurutnya, guna mendukung rencana tersebut, pihak rumah sakit harus memiliki fasilitas pendukung yakni komputer dan jaringan yang terkoneksi dengan server Disdukcapil. Hal ini akan mempermudah masyarakat mengurus akta kelahiran.

"Sampai sejauh ini baru RS Embun Fatimah, Batuaji yang sudah menjalin kerja sama. Kedepan kami berharap seluruh rumah sakit bisa menerapkan hal serupa dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya.

Editor: Yudha