Jelang HUT Kemerdekaan RI, Pedagang Bendera Musiman Mulai Marak
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 01-08-2017 | 12:26 WIB
pedagang-bendera1.gif
Pedagang bendera di Tiban. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjelang Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, pedagang bendera mulai marak. Pedagang musiman tersebut bisa ditemukan disepanjang jalan raya Kota Batam.

Titan, salah satu pedagang di depan perumahan Mekar Sari Tiban mengatakan moment perayaan kemerdekaan dia selalu berjualan dan mengais rezeki.

"Saya sudah berjualan bendera disini selama 5 tahun lalu," ujar Titan, Selasa (1/8/2017).

Ia mengaku bendera yang dijualnya secara keselururan bukan barang baru melainkan stok dari tahun lalu. Namun barang yang dijualnya diyakini masih bagus dan berkulitas untuk dibeli masyarakat. Wanita yang tinggal di Tiban Kampung ini mengaku harga yang dipasarkan bervariasi.

"Ada yang Rp 10 ribu ukuran kecil yang biasa di pasang sepeda motor. Ada juga yang harganya mencapai Rp 130 ribu. Tapi harga semua bendera tergantung ketebalan bahan," ujarnya.

Selain menjual bendera merah putih, ia juga menjual umbul-umbul dengan ukuran besar. Harga selebar bendera merah putih berukuran 1 X 80 meter Rp 60 ribu, ukuran 1 X 50 meter Rp 50 ribu.

"Kalau 17 Agustus biasanya bendera yang kami jual itu habis, karena setiap warga Indonesia wajib membeli dan memasangnya. Tapi rezeki tidak bisa di tebak," pungkasnya.

Editor: Yudha