Posyandu Lavender Batuaji Dinobatkan sebagai Posyandu Terbaik di Batam
Oleh : Yosri Nofriadi
Minggu | 30-07-2017 | 17:32 WIB
Posyandu_lavender.gif
Posyandu Lavender di Perumahan Citra Pandawa Asri Kelurahan Buliang, Kecematan Batuaji (Foto: Yosri Nofiandi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Posyandu Lavender di Perumahan Citra Pandawa Asri, Kelurahan Buliang, Kecematan Batuaji, menjadi posyandu terbaik di Kota Batam. Sejak didirikan tahun 2009 lalu, Posyandu Lavender selalu aktif dalam menangani kesehatan.

Selama ini, posyandu tidak hanya melayani kesehatan anak, tapi juga menjadi tempat organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

"Ada enam program posyandu kita. Diantaranya, kelas Ibu hamil, balita dan, taman bacaan anak," ujar Rika Afrilia, ketua posyandu dan PKK Lavender, Minggu (30/7/2017).

Berdirinya Posyandu Lavender ini berawal dari keaktifan Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM) Puskesmas setempat sejak tahun 2007 silam. Selain itu, di perumahan tersebut juga banyak Usia Pasangan Subur (UPS). "Kita punya sembilan kader yang sangat aktif dalam peran kesehatan," ungkapnya.

Saat ini, Puskesmas dan PKK Lavender akan diikutkan dalam perlombaan puskesmas terbaik tingkat Provinsi Kepri. Batam optimis puskesmas Lavender akan menjadi juara dalam lomba pemilihan posyandu terbaik Kepri.

Lola Novindra, pemegang program posyandu se-Kecamatan Batuaji menyebut, sebelum terpilihnya Puskesmas Lavender terbaik Batam, seleksi ketat juga dilakukan. Seleksi dimulai dari pemilihan puskesmas terbaik tingkat kecamatan hingga menjadi puskesmas terbaik.

Dia menyebut, Puskesmas Lavender menjadi yang terbaik di Batam karena memiliki pelayanan dan kesehatan yang layak. Keaktifan kader dan kelengkaoan puskesmas juga menjadi pertimbangan.

"Keaktifan perangkat setempat juga mejadi penilaian penting. Disini setiap minggu rutin melakukan gotong royong," ujarnya.

Sementara istri Camat Batuaji, Karyani Kalter mengapresiasi pencapaian yang diperoleh Puskesmas dan PKK Lavender. Di sangat bangga dengan kekompakan masyarakat dan perangkat RT/RW dalam menciptakan kesehatan lingkungan.

Di puskesmas ini, sebutnya, juga aktif melakukan senam sehat, memberikan penyuluhan kelas balita dan ibu hamil serta, pemeriksaan kesehatan.

Puskesmas ini juga memiliki Jumantik cilik yang rutin mendatangi rumah-rumah warga untuk mengecek kebersihan lingkungan sehingga, bebas dari jentik nyamuk demam berdarah.

"Puskesmas ini nantinya akan manjadi panutan bagi puskesmas-puskesmas lainnya," ujar Karyani.

Editor: Surya