Semester I 2017 Retribusi Sampah Batam Capai Rp 13,8 Miliar
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 29-07-2017 | 13:50 WIB
penambahan-bin-kontainer-di-Batam1.gif
Dinas LH Batam menambah 12 bin kontainer untuk menampung sampah rumah tangga di TPS (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODY.COM, Batam - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam, menargetkan retribusi sampah sepanjang 2017 sebesar Rp 25 miliar. Hingga semester pertama, retribus sampah mencapai Rp 13,6 miliar atau 55,8 persen.

Kepala Dinas DLH Dendi Purnomo melalui Kepala Seksi Retribusi DLH Batam Dwiki Septiawan menyampaikan terget tahun ini harus terpenuhi.

"Tahun ini harus terpenuhi, memang naik dari tahun lalu Rp 23 miliar. Tapi kita berusaha semaksimal mungkin," ujar Dwiki Sabtu (29/7/2017).

Menurutnya, untuk mencapai terget tersebut tentunya pelayanan persampahan pengangkutan dari pemukiman warga ke tempat pembuangan sementara (TPS) hingga ke tempat pembuangan akhir (TPA) harus lebih baik dari sebelumnya.

Contoh, saat ini tidak ada lagi keluhan masyarakat dalam pelayanan pengangkutan sampah dan penumpukan sampah di TPS. Tentunya itu akan berdampak pada tingginya retribusi sampah. Dwiki mengakui retribusi sampah pada 2017 mengalami kenaikan setiap bulan.

"Setiap bulan kami mengalami kenaikan pendapatan restribusi sampah. ini prestasi yang kami dapat," ujarnya

Semester pertama Januari-Juli sudah mencapai setengah dari terget. "Semester pertama retribusi sampah sudah mencapai Rp 13,8 miliar atau 55,8 persen dari terget," pungkasnya.

Editor: Yudha