Sekolah dan Madrasah di Batam Harus Miliki Unit Pengumpul Zakat, Ini Manfaatnya
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 25-07-2017 | 14:38 WIB
baznas1.gif
Ilustrasi Zakat. (Foto: baznas Batam)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kementrian Agama (Kemenag) Batam, HM Amanuddin menyampaikan sekolah dan madrasah harus buat unit pengumpul zakat (UPZ).

Ia mengatakan, banyak sekali manfaat yang bisa digunakan dari dana zakat seperti membantu biaya pendidikan bagi siswa yang tidak mampu.

"Uang UPZ bisa digunakan untuk anak didik kurang mampu dan untuk kegiatan sosial lainnya," ujar Amanuddin Selasa (25/7/2017).

Selain itu, Amanuddin mengakui sering terjadi ketidakharmonisan antara pihak yayasan dan masjid sehingga membuat kebijakan yang bertentangan dengan peraturan Kemenag. Banyak persyaratan yang kurang saat mesjid mengajukan permohonan ke Kemenag Batam.

"Kita berharap hal demikian tidak terjadi lagi. Kita menginginkan antara mesjid dan yayasan berjalan seiring sekata, kompak dan harmonis," katanya.

"Diharapkan melengkapi persyaratan, antara lain surat kesepahaman antara mesjid dan yayasan bahwa keduanya dapat bekerjasama dan saling mendukung. Paling penting lagi adalah kesepakatan itu mesjid tidak di bawah yayasan dan sebaliknya," pungkasnya.

Editor: Yudha