Jadikan Ikon, Pasar Seken Aviari akan Dirapikan
Oleh : Yosri Nofriadi
Jum\'at | 21-07-2017 | 16:26 WIB
Bangunan-liar-kembali-mulaibermunculan-di-pasar-seken-batuaji.gif
Camat Batuaji kembali mengingatkan pedagang di lokasi Pasar Seken Aviari agar tidak lagi membangun bangunan liar baru di row jalan, dekat komplek pertokoan dan Pasar Seken Aviari (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Camat Batuaji, Fridkalter, kembali mengingatkan pedagang di lokasi Pasar Seken Aviari agar tidak lagi membangun bangunan liar baru di row jalan, dekat komplek pertokoan dan Pasar Seken Aviari.

Begitu juga dengan pemilik kios pasar seken yang terbakar beberapa bulan lalu agar tidak membagun lagi. Pasalnya tempat tersebut merupakan lahan penghijauan yang akan dijadikan taman.

Ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah yang mencanangkan komplek pasar seken tersebut sebagai ikon wisata baru di wilayah Kecamatan Batuaji.



Saat ini, row jalan di sekitar pasar seken tersebut telah menjamur dengan berbagai kios dan bangunan usaha baru. Kondisi tersebut jelas merusak tatanan pasar yang seharusnya hanya fokus di dalam komplek pasar, namun malah melebar hingga ke row jalan.

"Padahal row jalan itu mau dibangun taman. Tapi sekarang malah dijadikan lapak kios baru," ujar Fridkalter, Jumat (21/7/2017).

Untuk menindaklanjuti persoalan itu, sambung Fridkalter, saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Pemko Batam terkait rencana penertiban bangunan liar tersebut.

"Kalau yang sudah dibangun belum pastikan kapan mau ditertibkan. Ini kami masih tunggu arahan dari Pak Wali. Tapi untuk yang mau bangun baru, kami ingatkan lagi supaya jangan lah dibangun lagi. Karena cepat atau lambat akan ditertibkan juga," ujarnya.

Begitu juga dengan lokasi pasar seken yang kebakaran beberapa waktu lalu. Fridkalter juga mengimbau agar para pemilik bangunan sebelumnya tidak lagi membangun di lokasi row jalan tersebut.



"Kemarin sudah sempat bangun lagi mereka, tapi sudah kami tertibkan lagi bersama Satpol PP," ujarnya.

Penertiban itu kata Fridkalter semata-mata untuk kebaikan bersama. Jika wacana Pemko Batam untuk menjadikan Pasar Seken Aviari sebagai ikon wisata tercapai, maka itu akan baik bagi warga Batuaji secara umum.

"Program ini untuk menghidupkan sektor pariwisata. Jadi Batuaji pasar seken itulah yang mau ditata agar jadi ikonnya Batuaji. Kalau itu terwujud tentu akan baik bagi kita semua," imbau Fridkalter.

Editor: Udin