PPDB Berakhir, 2.244 Calon Siswa SMP di Batam tidak Lolos Sekolah Negeri
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 13-07-2017 | 09:26 WIB
Muslim-01.gif
Kepala Dinas Pendidikan Batam, Muslim Bidin. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pendafataran peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2017/2018 di Batam telah berakhir. Sedikitnya 2.244 calon siswa untuk tingkat SMP tidak tertampung di sekolah negeri.

Ribuan calon siswa itu dinyatakan tidak lolos seleksi PPDB dari 12.582 peserta yang mengikuti pendaftaran. Ini menjadi masalah yang perlu dicarikan solusi oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Batam, mengingat banyak diantara yang tidak lolas merupakan warga tidak mampu.

"Yang daftar sebanyak 12.581 orang, tetapi yang diterima hanya 10.357 siswa. Artinya ada 2.244 yang tidak lolos dan tak tertampung SMP Negri di Batam," kata Kadisdik Batam, Muslim Bidin, Rabu (12/7/2017).

Para calon siswa yang tidak lolos PPDB itu, kata Muslim, mendafatar di sekolah yang dekat dengan tempat tinggal mereka. Hanya saja, faktor nilai yang tidak mencukupi membuat mereka tidak lolos.

Untuk mengatasi masalah ini, Muslim Bidin berujar pihaknya telah membentuk tim sesuai arahan Wali Kota Batam. Namun, bagi mereka yang mampu akan diarahkan ke sekolah swasta.

"Kami akan bantu siswa binalingkungan yang tidak mampu dengan melakukan pendataan melalui Kartu Keluarga (KK), meskipun nilai anak kurang," pungkasnya.

Editor: Gokli