Ini Pesan Presiden RI dan Kapolri di HUT Bhayangkara Ke-71
Oleh : Hadli
Senin | 10-07-2017 | 18:50 WIB
Nurdin-perksa-barisan.gif
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun saat memeriksa barisan pada upacara HUT Bhayangkara ke-71 di Dataran Engku Putri, Batam Center, Senin (10/07/2017) (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolri Jendral Tito Karnavian memberikan arahan dalam HUT Bhayangkara ke-71 dengan tema "Lebih Dekat Dengan Masyarakat". Selain itu, Presiden RI Joko Widodo juga memberikan pesan.

"Tema ini, sesuai dengan arahan Kapolri," kata Kapolda Kepri, Irjen Pol Sam Budigusdian, saat upacara HUT Bhayangkara ke-71 di Dataran Engku Putri, Batam Center, Senin (10/07/2017).

 


Sam menjelaskan, Kapolri juga menginstruksikan jajaran Polda Kepri agar bisa lebih dekat dengan berbagai instansi, demi mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil dan mandiri.

"Untuk itu, upacara peringatan kali ini kami mengundang berbagai perwakilan eleman masyarakat dan instansi," tutur Sam.

 

Upacara HUT Bhayangkara yang digelar Polda Kepri itu berpusat di Batam. Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mendapat kesempatan memimpin upacara dengan membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo.

"Saya berterima kasih kepada Polri yang dapat membuat harga sembako stabil saat Ramadan, lalu menurunkan angka laka lantas," tutur Nurdin.

 

Sedangkan Presiden Jokowi mengapresiasi penanganan terorisme yang sudah dilakukan Polri selama ini. Dan juga pengamanan dan keamanan selama Pilkada serentak beberapa waktu lalu.

"Jangan korupsi, arogansi serta perbaiki internal Polri. Dan optimalkan penggunaan teknologi di tubuh Polri serta mendeteksi dini aksi-aksi yang menganggu ketertiban dan keamanan," ujarnya.

 


Selain itu ada lima instruksi Presiden RI kepada seluruh anggota Polri. Di antaranya:

1. Perbaiki manajemen internal Polri untuk menekan budaya negatif seperti korupsi, penggunaan kekerasan yang berlebihan dan arogansi kewenangan.

2. Mantapkan soliditas internal dan profesionalisme Polri guna mendukung terwujudnya Indonesia yang berdaulat, yang mandiri dan yang berkesinambungan.

3. Mengoptimalkan modernisasi Polri dengan penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan publik.

4. Tingkatkan kesiapsiagaan opsnal melalui upaya deteksi dini dan deteksi aksi dengan strategi profesional proaktif, dengan demikian Polri tetap dapat lincah bertindak dalam menghadapi perkembangan situasi yang meningkat secara cepat.

5. Meningkatkan kerja sama, koordinasi dan komunikasi dengan semua elemen, baik pemerintah maupun masyarakat serta kolega internasional sebagai implementasi kedekatan dan sinergi polisional guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif.

HUT Bhayangkara ke-71 yang digelar Polda Kepri itu dihadiri, Ketua DPRD Kepri, Walikota Batam, TNI, instansi pemerintah, lembaga negara, organisasi masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda, yang berperan aktif dalam mendukung terselenggaranya situasi Kamtibmas yang kondusif dan personel Kepri yang berprestasi.

Editor: Udin