Penumpang Mengaku Kecewa

Sidak Kakanpel Batam Bikin Jadwal Keberangkatan Kapal Tertunda Berjam-jam
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 05-07-2017 | 14:50 WIB
penumpang-antri-sidak1.gif
Inspeksi mendadak Kakanpel Batam menyebabkan antrian panjang penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengecekan alat keselamatan kapal oleh Kepala kantor Pelabuhan Batam (Kanpel) Bambang Gunawan di Pelabuhan Domestik Sekupang membuat semua jadwal keberangkatan tertunda.

Bahkan berjam-jam para calon penumpang harus relang menunggu sampai kapal siap dilakukan pengecekan alat keselamatan. Hal itu lantaran operator tidak memiliki kapal cadangan.

"Pengecekan ini bagus, tapi jangan menyusahkan para penumpang. Masak penumpang yang sudah membeli tiket harus menunggu. Saya bingung dengan kebijakan pimpinan yang sekarang," kata petugas di Pelabuhan Domestik Sekupang.

Pengecekan oleh Kepala Kanpel dilakukan kepada semua kapal yang sampai di dermaga dalam mengangkut penumpang. Rosa Nofita salah satu penumpang yang kecewa dengan sikap petugas.

"Saya jadi terlambat masuk kerja, bahkan diambang bolos. Sampai sudah dua jam saya menunggu dari jadwal keberangkatan tiket, tapi tidak kunjung diberangkatkan," katanya.

Rosa mengatakan kenapa petugas tidak melakukan pengecekan alat keselamatan sebelum lebaran atau dihari tenang. "Pengecekan ini sangat bagus, tapi jangan sampe berjam-jam lah. Kami juga punya keperluan. Apalagi oprator kapal tidak memberikan kapal cadangan," tegasnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kanpel Bambang Gunawan mengaku meminta maaf kepada para penumpang penumpang. Ia mengatakan sangat peduli dengan keselamatan penumpang, sehingga harus menunda keberangkatan kapal.

"Kalau saya tidak peduli dengan keselamatan penumpang, kami bisa saja langsung memberangkatkan kapal. Tapi saya peduli dan sayang kepada penumpang. Para penumpang harap sabar, alat keselamatan ini sangat penting dilakukan pengecekan, guna keselamatan bersama," pungkasnya.

Editor: Yudha