Daftar SMP Negeri di Batam Minimal Nilai 8,5

Banyak Calon Siswa dari Luar Batam Gagal Masuk Sekolah Negeri karena Nilai Tak Mencukupi
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 03-07-2017 | 14:02 WIB
Disdik-Batam1.gif
Salah satu orang tua calon siswa yang menanyakan prosedur pra pendaftaran di kantor Disdik Kota Batam. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ketua Pelaksanan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Batam Nataniel mengatakan, calon siswa baru yang berasal dari luar Kota Batam wajib mengikuti proses pra pendaftaran di Dinas Pendidikan Kota Batam.

Ia menjelaskan, siswa luar Batam harus melakukan pra pendaftaran. Bagi yang nilainya tidak mencukupi maka langsung gagal dan terpaksa ke sekolah swasta.

"Khusus siswa/siswi luar Batam syarat nilai rata-rata harus 8,5 baru bisa daftar di SMP Negeri. Kalau tingat SMA sekarang sudah diambil ahli provinsi," ujar Nataniel.

Dijelaskan, PPDB sekolah non unggulan dibuka selama 3 hari hingga Rabu (5/7/2017). Pra pendaftaran di kantor Disdik diserbu masyarakat dari luar kota Batam. Namun yang lolos hanya 80 calon siswa saja.

"Kalau nilainya tidak memenuhi, tidak bisa melakukan pra pendaftaran di Disdik, karena ditotal secara otomatis oleh sistim," katanya.

Sementara pendaftaran di Sekolah SMAN 4 Tiban Kampung Batam cukup ramai. Mereka datang dengan mengenakan pakaian SMP dan membawa persyarakat pendaftaran.

"Kami dari pagi ambil nomor antrian, kami tinggal di sekitar sekolah mas," kata salah seorang calon siswa.

Editor: Yudha