Kapal Roro Alternatif Jitu Mudik Idul Fitri dari Batam
Oleh : Hadli
Rabu | 21-06-2017 | 12:14 WIB
mudik-roro1.gif
Pelabuhan ASDP Punggur. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lama perjalanan tidak menjadi penghalang masyarakat menggunakan kapal roll on roll off (Roro) saat mudik Hari Raya Idul Fitri 1438 H menuju Mengkapan, Buton, Riau dari Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Batam, dibanding harus menggunakan pesawat.

"Rute ini sangat membantu bagi masyarakat yang ekonomi menengah ke bawah untuk bisa pulang ke kampung, hitung-hitung sambil jalan-jalan. Dari pada harus naik pesawat, mahal," kata Ridho salah satu penumpang di Pelabuhan ASDP Punggur Batam, Selasa (20/6/2017).

Untuk sampai di Mangkapan menghunakan Roro selama 18 jam, kata dia cukup membacar tiket seharga 81 ribu. Setalah tiba di tujuan dilanjutkan perjalanan dengan bus dengan membacar Rp 150 ribuan. "Dengan pesawat Rp 900 ribuan. Sangat mahal," kata dia kembali.

Dengan diberlakukan rute ini, diharapkannya PT ASDP tetap melayani pelayaran saat arus balik Idul Fitri. Sehingga dapat kembali menikmati perjalanan.

Manager Usaha ASDP Indonesia Fery Cabang Batam, Adolf DC Enoch yang di temui menuturkan, Rute Batam langsung ke Mengkapan, Buton yang dibuka ASDP Indonesia Ferry Cabang Batam sangat dibutuhkan masyarakat.

Hal ini terbukti selama dua minggu rute ini berjalan, kapal roro selalu penuh sesak dengan kendaraan dan penumpang.

"Cukup tinggi antusias masyarakat Batam terhadap rute tersebut," kata Adolf DC Enoch.

Disampaikannya, selain harga tiket yang ratif murah, masyarakat yang memiliki kendaraan lengkap bersama dokumen bisa menikmati perjalanan kekampung halaman dengan kemdaraan. Dibanding naik pesawat.

"Full terus, dari Selasa lalu kami buka tambahan jadwal pelayaran," ujarnya.

Adolf mengatakan, tiket tidak dapat dipesan oleh masyarakat. Penumpang harus membeli tiket saat tiba di pelabuhan. Pasalnya, tiket yang dijual saat itu untuk pemberangkatan hari itu juga.

"Tidak bisa pesan, masyarakat datang saja langsung, beli tiket dan langsung masuk antrian," titir dia.

Adolf mengatakan jadwal rute Batam ke Mengkapan ini setiap Selasa, Kamis dan Minggu. "Ini hanya selama arus mudik saja," ujarnya.

Pemilik kendaraan yang menggunakan kendaraan pribadi yang mrnggunakan Roro dari Batam dapat melanjutkan perjalanan ke wilayah Sumut, Summbar dan provinsi lainnya.

Editor: Yudha