Begini SOP yang Diterapkan Bagi Pemudik di Pelabuhan Domestik Sekupang
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 15-06-2017 | 13:02 WIB
Deny-PDS11.gif
Kepala Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang Deny Cahyadi. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang Deny Cahyadi mengatakan, berdasarkan hasil rapat bersama instansi terkait beberapa waktu lalu disepakati skema standart operating procedure (SOP) mengantisipasi membludaknya arus penumpang.

Ia menjelaskan, SOP yang diterapkan yakni hanya penumpang yang memiliki tiket, petugas, operator kapal resmi dan porter yang sudah terdata yang boleh masuk ke pelabuhan.

"Sehingga tidak terjadi penumpukan dan calon penumpang juga merasa nyaman," kata Deny.

Sementara bagi pengantar dan pejumput hanya diperkenakan menunggu di luar atau halaman pelabuhan karena sudah disiapkan ruang tunggu tersendiri. Bahkan penumpang yang memiliki tiket, namun jadwal keberangkatannya masih lama juga tidak diperkenankan masuk.

"Contoh berangkat kapal jam 09.00 Wib, tapi penumpang datang pukul 07.00 Wib itu tidak boleh masuk. Penumpang yang boleh masuk yang sudah mendekati keberangkatan sehingga kondisi berdesak-desakan tidak terjadi," ujarnya.

Meskipun demikian para penumpang tidak perlu cemas, karena otoritas pelabuhan rencana akan menempatkan tiga lokasi ruang tunggu penumpang. Pertama di loket tiket (pelabuhan lama), depan pelabuhan baru dan didalam pelabuhan baru sebanyak 250 kursi.

"Kami berusaha memperbaiki kesalahan dari tahun-tahun sebelumnya. Jadi diharapkan para penumpang merasa nyaman dalam mudik melalui PDS," pungkasnya.

Editor: Yudha