Persempit Alur Drainase

Ruli Kebun Sayur Seibeduk Segera Ditertibkan
Oleh : Yosri Nofriadi
Sabtu | 03-06-2017 | 14:26 WIB
bangunan-drainase-piayu1.gif
Bangunan liar disekitar alur drainase akan ditertibkan. (Foto: Yosri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Banjir masih menjadi persoalan serius di wilayah Kecamatan Sei Beduk saat ini. Untuk mengatasi persoalan tersebut dalam waktu dekat ini pihak Kecamatan akan menertibkan kawasan pemukiman warga yang berdiri di atas saluran drainase.

 

Camat Sei Beduk Science Taufik Riyadi mengatakan, pemukiman warga yang jadi target penertiban itu adalah pemukiman liar atau rumah liar (ruli) di Kebun Sayur Sei Pancur yang berada di Kelurahan Tanjung Piayu yang memakan zona drainase.

"Titik itu sudah krusial. Berdiri atas drainase atau di sepanjang zona drainase. Sampah dan tanah sudah menutupi drainase tersebut. Makanya pemukiman sekitar yang kena imbas banjir," ujarnya, Sabtu, (3/6/2017).

Sesuai instruksi dari Dinas Bina Marga kata Taufik , lokasi pemukiman itu diberi waktu hingga dua bulan ke depan agar segera membongkar sendiri. "Jika mereka tak gubris ya kami akan bongkar paksa," ujarnya lagi.

Untuk pemukiman liar di Kebun Sayur Sei Pancur kata Taufik umumnya menutupi saluran drainase yang ada. Drainase tersebutpun mampet karena tertutup bangunan liar tersebut. Bangunan tersebut selama ini memang menggagu jalur pembuangan air warga Tanjungpiayu. Akibatnya debit air meluap dan mengakibatkan banjir di sejumlah jalan dan pemukiman warga.

"Memang alur sungai jadi menyempit, dalam jangka waktu dua bulan kita diberikan waktu untuk melakukan penertiban ruli tersebut," ujarnya lagi.

Editor: Yudha