Cuaca Buruk, Tiga Kapal Penumpang Alami Penundaan di Pelabuhan Domestik Sekupang
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 24-05-2017 | 11:51 WIB
pds-011.gif
Tiga kapal penumpang alami penundaan akibat cuaca buruk. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tiga kapal penumpang alami penundaan keberangkatan di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) akibat cuaca buruk yang terjadi pada Rabu (24/5/2017) pagi. Penundaan berlangsung sekitar satu jam lebih.

Kepala Pos Syahbandar PDS, Deny Cahyadi mengatakan penundaan dilakukan akibat jarak pandang terbatas, angin kencang dan gelombang laut tinggi.

"Sejak jam 09.00 Wib cuaca sudah buruk angin dan hujan deras mengakibatkan jarak padang terbatas. Ada 3 kapal yang kami tunda keberangkatanya," ujar dia.

Tiga kapal tersebut harus bersandar di dermaga PDS satu jam lebih. Seharusnya tiga kapal penumpang sudah berangkat pukul 09.30 WIB. Namun baru diberangkatkan 10.45 WIb setelah cuaca membaik.

Deny menjelaskan, ketiga kapal itu Ramat Jaya 08 tujuan Moro dengan mengangkut 63 penumpang, Marina Serikandi 7 tujuan Tanjungbatu jumlah penumpang 51 orang, dan Poliwali Expres 2 tujuan Tanjungberlian (Kundur) 13 penumpang.

Saat ini, kata Deny, ketiga kapal yang ditunda keberangkatnya sudah berlayar ke tujuan masing-masing.

"Informasi dari kapten kapal yang datang dari pulau Kasu ke pelabuhan Domestik diselimuti kabut, cuaca gelap disertai hujan dan angin kencang," katanya.

Ia berharap kapal-kapal yang sudah diberangkatkan khususnya kapten kapal harus mematuhi rambu-rambu lalu lintas saat berlayar. Kurangin kecepatan kapal saat hujan dan angin kencang melanda perairan.

Apabila di perjalanan cuaca buruk agar nakhoda kapal tidak memaksakan pelayaran dan berlindung di pulau terdekat atau kembali ke Pelabuhan Sekupang.

"Kami terus tekankan kepada kapten kapal tetap berkordinasi dengan Syahbandar di pelabuhan dengan selalu menginformasikan keadaan cuaca di laut," katanya.

Editor: Gokli