Empat Kios Liar dan Satu Motor Terbakar di Sagulung
Oleh : Yosri Nofriadi
Rabu | 24-05-2017 | 10:14 WIB
kios-10.gif
4 Kios dan 1 motor terbakar di daerah Sagulung. (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak empat kios liar dan satu unit sepeda motor Suzuki Satria Fu di Kebun Sayur RT01/RW 15 Sagulung Baru, Kecematan Sagulung ludes dilalap api, Rabu (24/5/2017) sekitar pukul 02.00 WIB.

Kebakaran yang terjadi tengah malam itu menghanguskan bangunan kios, diantanya kios servis elektronik, kios
barang-barang elektronik bekas, kios bengkel sepeda dan kios merakit besi.

Akibatnya, barang-barang yang berada di dalam banyak yang tak terselamatkan. Sementara kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam kebakaran yang sempat menghebohkan warga sekitar.

Informasi yang diperoleh, api berasal dari kios bagian pinggir, tempat merakit besi yang dihuni oleh Nata (30).

Api pertama kali dilihat Nata saat sedang bangun tidur. Awalnya api masih kecil, Nata sempat berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Namun angin kencang tak bisa membendung kobaran api sehingga menghanguskan kios miliknya serta kios di sebelahnya.

"Tadi saya terbangun karena merasa kepanasan, rupanya ada api yang sudah menjalar di bagian dinding kios. Saya sempat menyiram api itu, tetapi apinya langsung besar dan akhirnya membakar motor saya juga," kata Nata.

Ia menduga api berasal dari arus listrik karena api awalnya masih kecil berasal dari dinding kios miliknya, api cepat membesar disebabkan angin kencang sehingga merembes ke kios yang berada di sebelanya.

Warga yang mengetahui ada kebakaran langsung mencoba untuk memadamkan api dengan air seadanya. Setengah jam kemudian dua unit mobil Pemadam Kebakaran BP Batam datang memadamkan api.

"Hanya lima belas menit api sudah besar sampai menghanguskan empat kios," ujar Jalil warga yang ikut membantu memadamkan api.

Pemilik kios lainnya yang biasa disebut Pakde (70) menuturkan, api sangat cepat merembes ke kios lainnya. Barang-barangnya tak sempat diangkut ke luar dari dalam kios.

"Dua menit sudah hangus semua, anginya sangat kencang. Dari kios merakit besi, apinya mungkin dari listrik. Tadi kaget gara-gara apinya sudah besar. Barang-barang banyak yang tidak terselamatkan," katanya sambuil meneteskan air mata.

Setelah api berhasil dipadamkan baru Polisi Polsek Sagulung datang ke lokasi. Saat ini Polisi sudah memasang Police Line di lokasi kebakaran.

Editor: Gokli