Atasi Banjir, ASN Pemko Batam Bersihkan Drainase di Batuaji
Oleh : Yosri Nofriadi
Sabtu | 20-05-2017 | 15:26 WIB
goro-batuaji1.gif
Gotong-royong membersihkan saluran drainase di Kecamatan Batuaji, Sabtu (20/5/2017). (Foto: Yos)

BATAMTODAY.COM, Batam - Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Batam gotong royong (Goro) serentak di beberapa wilayah Kecamatan Batuaji, Sabtu (20/5/2017).

Goro dilaksanakan di depan Hotel Aviari, Sekolah Basic arah Sierra, drainase Perum Mayeba, samping RSUD Embung Fatimah, depan Mitra Mall, Simpang Basecamp, dan Aviari untuk menormalisasi drainase yang sudah banyak tersumbat sampah dan tanah yang selama ini kerap menyebabkan banjir.

"Goro yang kita laksanakan untuk antisipasi banjir mengingat cuaca akhir-akhir ini sering hujan," ujar Camat Batuaji, Fridkalter yang ikut juga turun untuk melakukan kegiatan goro.

Fridkalter mengatakan, kegiatan ini akan dilakukan rutin sampai seluruh saluran drainase di Kota Batam bisa dibersihkan dan dikembalikan kepada peruntukannya.

Selama ini, kata Fridkalter, banyak saluran drainase yang tersumbat dan menyempit dikarenakan sampah dan rumput yang tumbuh. Di atas saluran drainase banyak juga yang digunakan oleh warga sebagai tempat untuk mendirikan kios-kios liar.

"Dalam kegiatan ini selain membersihkan saluran drainase, kita juga mengembalikan saluran drainase sebagaimana fungsinya," ujarnya.

Fridkalter juga menghimbau agar masyarakat Batuaji untuk tidak lagi membuang sampah ke sembarangan ke dalam parit. Sampah yang dibuang sembarang menyumbat saluran drainase sehingga setiap kali hujan selalu banjir.

"Normalisasi belum merata semuanya, jadi mari sama-sama kita jaga lingkungan kita. Biasakan hidup sehat dan tidak buang sampah ke dalam parit," pungkasnya.

Editor: Yudha