848 Calon Anggota Polri di Kepri Lolos Seleksi Kesehatan
Oleh : Hadli
Rabu | 03-05-2017 | 13:38 WIB
calonpolri1.jpg

Ribuan Calon Taruna Akpol, Bintara, dan Tamtama saat mengikuti penandatangan fakta integtitas si Aula Tumrnggung Abdul Jamal. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Calon Taruna Akpol, Bintara, dan Tamtama yang mendaftar di Polda Kepri tersisa 848 orang dari 1.349 calon yang mengikuti penandatanganan Fakta Integritas di Aula Tumenggung Abdul Jamal, beberapa waktu lalu.

Sebanyak 848 calon tersebut telah lulus mengikuti seleksi tes kesehatan dari 1211 calon yang diperiksa pemberkasan adminitasi yang dilakukan panitia bekerja sama dengan Disduk Batam dan Ombudsman RI Perwakilan Kepri.

"Cek kesehatan terakhir pada 1 Mei. Yang lolos terdiri dari 37 calon Taruna Akpol, 44 orang calon Tamtama, 107 calon Bintara Polwan, dan 660 orang calon Bintara laki-laki," kata Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol S Erlangga, Rabu (3/5/2017).

Ia menjelaskan, awalnya yang mengikuti seleksi tes kesehatan calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) berjumlah 56 orang, terdiri 55 laki-laki dan seorang perempuan. Namun dalam seleksi 19 orang laki-laki tidak lulus dan dinyatakan gugur.

Untuk calon Tamtama Polri, ada 77 calon yang mendaftar dan mengikuti tes kesehatan. Dari angka tersebut sebanyak 44 orang dinyatakan lolos, dan 33 peserta lainnya gugur.

"Untuk calon Polwan ada 153 orang tapi selama seleksi hanya 107 calon yang lolos, 46 orang dinyatakan gagal dalam seleksi kesehatan tersebut," tutur Erlangga.

Sementara untuk Bintara Penempatan Tugas Umum Laki-laki, kata dia ada sebanyak 965 orang yang menjalani seleksi. Dari angka itu, sebanyak 265 gugur dan hanya 660 orang yang memenuhi syarat.

Kepala Biro SDM Polda Kepri, Kombes Pol Rakhmad Setyadi menyampaikan, tahapan berikutnya adalah psikotes di Universitas Batam, dilanjutkan ujian jasmani 16-24 Mei di lapangan Sepak Bola Polda Kepri.

Bagi calon siswa yang lolos, kata dia, akan melaksanakan uji akademik pada 25-31 Mei di Sekolah Harapan Utama Batam dan dilanjutkan penelitian minat dan kepribadian 9-14 Jun, pemeriksaan adminsistrasi akhir 15-16 Juni dilanjutkan sidang kelulusan.

"Semua tahapan tes dengan sistem gugur. Jadi yang tidak memenuhi kriteria langsung gugur dan yang memenuhi langsung lolos tes berikutnya," jelasnya.

Untuk calon Taruna Akpol, tambahnya, sesui dengan kuota pusat akan dikirimkan 10 orang untuk mengikuti seleksi pusat di Semarang, Jawa Tengah.

Editor: Yudha