Verifikasi Media Massa di Kepri

Batam Pos Media Pertama di Kepri yang Diverifikasi Faktual
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 07-04-2017 | 16:02 WIB
verifikasibatampos.jpg

Dirut Batam Pos Marganas Nainggolan menjelaskan berkas-berkas perusahaan kepada Tim Verifikasi Media. (Foto: Batam Pos)

BATAMTODAY.COM, Batam - Harian Pagi Batam Pos menjadi media massa pertama yang diverifikasi faktual oleh Tim Verifikasi Media SPS (Serikat Perusahaan Pers) Kepri, Jumat (7/4/2017). Setelah dinyatakan lulus verifikasi administrasi oleh Dewan Pers, Tim kemudian melanjutkan dengan proses verifikasi faktual.

Tim Verifikasi yang turun melakukan pengecekan langsung ke Kantor Batam Pos adalah Candra Ibrahim (Ketua Tim), Saibansah Dardani dan Deden Rosanda.

"Verifikasi faktual ini adalah rangkaian dari proses yang telah selesai dilakukan oleh Dewan Pers. Dan Batam Pos sudah lulus verifikasi administrasi," ujar anggota Tim Verifikasi Media SPS Kepri, Saibansah Dardani.

Ditambahkan anggota Tim Verifikasi, Deden Rosanda, pihaknya hanya menjalankan tugas verifikasi faktual saja. Sedangkan, keputusan lulus dan tidaknya, semuanya ditentukan oleh Dewan Pers. "Kita di sini hanya melakukan verifikasi saja, hasil akhir tetap diputuskan oleh Dewan Pers," ujarnya.

Baca: Pemred BATAMTODAY.COM Jadi Verifikator Media Massa di Kepri

Saat menerima Tim, Dirut Batam Pos Marganas Nainggolan yang didampingi Pemimpin Redaksi (Pemred) M. Iqbal, Manajer HRD/Umum Elmi Gusti, Manajer Iklan dan EO (Event Organizer) Agus Triono dan Manajer Pemasaran Mulyadi Nasution itu, dicek semua berkas dokumen perusahaan penerbit Batam Pos.

"Kami menyambut baik kunjungan Tim Verifikasi ini, karena dengan begitu, dapat segera diketahui media mana saja di Kepri yang lulus verifikasi administrasi dan faktual," ujar Marganas Nainggolan.

Setelah semua rangkaian pertanyaan dan data dipenuhi oleh Manajemen Batam Pos, Tim kemudian melakukan pengecekan tempat kerja, peralatan kerja dan ruang rapat milik Batam Pos.

Sementara itu, Ketua Tim Verifikasi Candra Ibrahim menjelaskan, verifikasi ini penting bagi media. Misalnya untuk menjalin kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah maupun swasta. Karena, di masa mendatang, para pihak akan lebih selektif lagi dalam memilih media.

"Makanya kami berharap media di Kepri bisa proaktif jemput bola. Yang belum lolos verifikasi administrasi, segeralah diurus. Jika sudah lolos verifikasi administrasi, baru dilanjutkan dengan verifikasi faktual," ujarnya.

Nantinya, perusahaan pers yang sudah lulus verifikasi akan diberikan sertifikat, dan diberi logo “QR code” untuk media cetak dan online.

Bagi media yang belum mendapatkan formulir verifikasi, dapat menghubungi Tim Verifikasi: 0821-71208791 (Saibansah Dardani) dan 0852-64104588 (Deden Rosanda).

Editor: Dardani