Cegah Penyelundupan Narkoba, Disiagakan Anjing Pelacak di Bandara Hang Nadim
Oleh : Hadli
Jum'at | 07-04-2017 | 13:26 WIB
Anjing-pelacak1.gif

Anjing pelacak di Bandara Hang Nadim Batam. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pihak Bandara Hang Nadim Batam bekerja sama dengan pihak BNN, Kepolisian, Bea Cukai, Karantina dan maskapai penerbangan akan memperketat penjagaan di pintu masuk kota Batam guna mencegah penyudupan narkoba jaringan internasional.

"Selama ini bandara menjadi salah satu pintu keluar untuk menyelundupkan narkoba. Untuk itu upaya pencegahan terus kita tingkatkan, salah satunya dengan menempatkan anjing pelacak," kata GM Umum Bandara Hang Nadim Suwarso, Kamis (06/04/2017).

Maraknya penyeludupan narkoba melalui udara seperti yang berhasil di cegah petugas Avsec Bandara Hang Nadim selama ini menjadi prioritas dalam memberantas penyeludupan narkoba.

"Akan selalu ada upaya dari beberapa pihak untuk berusaha meloloskan narkoba, mengingat bisnis narkoba ini cukup menggiurkan dan melibatkan jumlah uang yang sangat besar. Untuk itu, menjadi priotitas kami memperketat pengamanan," jelasnya.

Menurutnya, kewaspadaan akan ancaman bahaya narkoba ini juga menjadi tanggung jawab bagi semua pihak, karena Indonesia merupakan salah satu target market bagi bisnis narkoba ini

"Batam sebagai entry gate bagi Indonesia bagian barat, menjadi sasaran tersendiri bagi para penyelundup untuk memasukkan narkoba. Berbagai pola dilakukan oleh para penyelundup, dan Provinsi Kepri dijadikan sebagai transit point bagi narkoba yang masuk melalui beberapa negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura," papar Suwarso.

Suwarso berharap, komitmen penuh dari pihak terkait akan menjadi benteng pertahanan yang kokoh dalam melawan upaya para penyelundup dalam memasukkan barang haram yg dapat merusak generasi bangsa tersebut.

Editor: Yudha