Apron Baru Tahap I Bandara Hang Nadim Resmi Beroperasi
Oleh : Hadli
Selasa | 28-03-2017 | 14:02 WIB
apron-bandara-hangnadim.jpg

Apron Bandara Hang Nadim Batam. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Setelah sempat tertunda, akhirnya Bandara Internasional Hang Nadim Batam resmi mengoperasikan tempat parkir pesawat (Apron) baru tahap satu.

General Manager Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam Suwarso mengatakan, pengoperasian Apron, setelah dikeluarkannya NOTAM nomor B 2133/17 tgl 24 maret 2017 tentang penambahan Apron Bandara Hang Nadim Batam.

"Sejak Senin, 27 Maret 2017 kemarin sudah mulai dioperasikan penggunaan Apron yang baru," katanya, Selasa (28/03/2017).

Pelebaran parkir pesawat seluas 240x150 meter pada sisi kiri Bandara menggunakan anggaran sebesar Rp 70 miliar dengan kemampuan dapat menampung delapan pesawat jenis Boeing 737/Airbus A-320 atau lima pesawat Narrow Body.

Pembangunan Apron pada tahun 2017 ini untuk meningkatkan fasilitas pelayanan pada maskapai guna menampung pesawat pada jam-jam sibuk yang biasanya pesawat harus mengantri di parkiran menunggu pesawat lain terbang.

Sebelumnya Apron Bandara Internasional Hang Nadim Batam saat ini mampu menampung hingga 18 pesawat jenis Boeing 737/Airbus A-320 atau 12 pesawat berbadan lebar.

Namun karena ada sejumlah pesawat tidak terpakai yang terparkir dan penerbangan terus bertambah, maka apron yang ada tidak mampu lagi menampung seluruh pesawat yang aktif melayani penerbangan.

Setelah Apron tahap I dioperasikan, Apron tahap II dengan luas yang sama juga akan dibangun di sebelah kanan sisi Bandara. Selain itu, juga akan dibangun terminal baru guna menunjang pelayanan.

Karena saat ini, Bandara Internasional Hang Nadim Batam melayani 140 penerbangan pulang pergi dalam setiap hari dengan jumlah penumpang dalam satu hari mencapai 1.600 orang baik yang berangkat mapum yang datang ke Batam.

Editor: Yudha