Begini Pentingnya Merawat Gigi dengan Benar
Oleh : Suci Ramadhani
Kamis | 23-03-2017 | 16:02 WIB
doktergigi.jpg

Seoang dokter gigi sedang melakukan perawatan gigi pasiennya. (Foto: Suci Ramadhani)

BATAMTODAY.COM, Batam - Perawatan gigi sangat penting dimulai dari usia dini. Sehingga gigi anda menjadi cerah dan tidak pernah sakit. Solusinya, ada di J end J Dental Care yang beralamat di Mahkota Raya, Blok E No 12, Batam Center. Semua masalah pada gigi bisa diatasi, baik control gigi yang anda miliki.

 

Drg. Wawan Rusdi menjelaskan, tata cara perawatan gigi secara baik dan benar sejak usia dini tidak diperbolehkan minum susu dalam posisi tidur, hingga membuat balita tertidur sewaktu meminum susu, yang bisa menimbulkan giginya nanti akan menjadi rusak.

"Sebaiknya balita minum susu disarankan tidak dalam keadaan tidur, walaupun demikian orang tua harus membersihkan mulut balita tersebut, agar sisa minuman tidak lama menempel di gigi," ujarnya kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (23/3/2017).

Untuk cara membersihkan gigi juga tidak boleh terlalu sering, dan keras hingga bisa membuat enzim pada gigi tidak menipis. Kemudian, diwajibkan dalam sehari menggosok gigi dua kali, pagi setelah makan dan sebelum tidur.

"Untuk menggosok gigi setelah makan, bukan sebelum makan kebanyakan orang bangun tidur lalu gosok gigi dan makan, sehingga membuat kotoran gigi lama menempel pada gigi, itu yang membuat gigi berlubang," katanya lagi.

Setelah makan diwajibkan selama 30 menit atau 60 menit harus membersihkan gigi, kalau untuk siang hari cukup berkumur, agar kotoran gigi tidak menempel secara lama hingga membuat kuman menjadi berkembang biak.

Memberanikan diri untuk kontrol ke dokter untuk melihat kondisi gigi, walaupun ada tata cara yang salah dalam perawatan gigi dirumah, maka dokter akan memberikan masukan hingga membuat gigi idaman semua wanita, bersih dan segar. Lebih baik mencegah dibanding setelah sakit baru pergi ke dokter gigi untuk mengecek keadaan gigi.

"Orang selalu menunggu sudah ada keluhan atau merasakan sakit pada gigi. Baru memberanikan diri ke dokter gigi, sebenarnya untuk kontrol diwajibkan enam bulan sekali untuk melihat keadaan gigi, apakah sudah benar cara merawat gigi tersebut," lanjut dokter gigi yang masih muda itu.

Biaya perawatan gigi di J end J Dental Care hanya berkisaran dimulai dari Rp150.000,- hingga Rp200.000 untuk gigi susu, sedangkan untuk gigi dewasa dari Rp500.000,- sampai Rp750.000,-

"Harganya berbeda antara gigi susu dengan gigi dewasa, dikarenakan besar bahan yang digunakan nantinya," jelasnya.

Maka, jagalah gigi anda dari usia balita, hingga gigi selalu terjaga bersih dan segar, tidak gambak keropos dan berlubang, hindari malas untuk menyikat gigi pada malam hari, dan selalu sering kontrol ke dokter gigi agar tau solusi untuk menjaga gigi lebih baik dan benar.

Editor: Dardani