Ribuan Berkas E-KTP Siap Cetak Menumpuk di Kecamatan Batuaji
Oleh : CR-14
Kamis | 23-03-2017 | 15:38 WIB
perekamandataektp.jpg

Kegiatan perekaman data E-KTP di Kecamatan Batuaji Batam. (Foto: CR-14)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kekosongan blangko e-KTP di Batam yang sudah terjadi tujuh bulan terakhir ini, membuat puluhan ribu berkas pengajuan e-KPT semakin menumpuk.

 

Salah satunya berada di Kecamatan Batuaji, ribuan berkas pengajuan warga yang sudah melakukan rekaman e-KTP belum bisa dicetak.

Sampai saat ini di Kecematan Batuaji tercatat ada 9.572 berkas e-KTP yang belum bisa dicetak karena blangko mengalami kekosongan sejak bulan September 2016 tahun lalu.

Camat Batuaji Pridkalter mengatakan, untuk pelayanan permohonan e-KTP sampai saat ini berjalan dengan lancar. Pihaknya akan tetap melayani pengajuan e-KTP yang masuk. Setiap hari rata-rata ada 40- 50 pengajuan permohonan pembuatan e-KTP.

"Kita masih menunggu, walaupun kosong pelayanan di kecamatan tidak ada masalah. Bukan kita saja yang mengalami kekosongan tapi semua kecamatan," ujar Pridkalter, Kamis (23/3/2017).

Menurutnya, menumpuknya berkas akan terus berlanjut lantaran belum ada kejelasan dari pemerintah pusat kapan blangko tersebut akan datang. "Sampai saat ini belum ada tanda-tanda blangko e-KTP akan datang, warga harus bersabar," ujarnya lagi.

Namun ia menyarankan agar warga tetap mengajukan berkas karena untuk mengatasi kekosongan blangko warga bisa mendaptka surat keterangan pengganti e-KTP yang diterbitkan dinas Pendudukan dan Catatan Sipil.

"Kalau butuh surat peryataan bisa diambil di Disdukcapil," ujarnya.

Editor: Dardani