Horee...April, Warga Bekakangpadang Dapat Tambahan Pasokan Air Bersih
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 23-03-2017 | 14:25 WIB
pulau-penawar-rindu.jpg

Pemandangan Pulau Bekakangpadang Kota Batam. (Foto: Mivec)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pembangunan Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) atau pengolahan air laut menjadi air tawar yang dibangun Kementrian Perusahaan Umum (PU) di Kecamatan Belakangpadang Kota Batam, direncanakan April 2017 mulai berfungsi.

Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) Kota Batam, nantinya akan mengelolah air di wilayah Hinterlen termaksut SWRO menyataka saat ini baru 250 pipa yang di sambungkan langsung ke rumah warga setempat, hal itu sangat kurang mengingat jumlah penduduk Belakangpadang mencapai 14 ribu.

"Informasi dalam waktu dekat akan diresmikan, mudah-mudahan Kementrian bisa launching April mendatang," ujar Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Suhar, Kamis (23/3/2017).

Suhar menjelaskan, seharusnya kebutuhan air bersih yang di salurkan melalui SWRO ke rumah warga idealnya sebanyak 2.700 pipa. Sehingga kedepan pihaknya akan menambah saluran air bersih tersebut.

Rencana tahun ini pihaknya akan menambah saluran pipa air ke rumah warga dari tempat SWRO dibangun Kelurahan Sekanak Raya sebanyak 500 pipa. "Tahun ini 500 kami akan tambah, karena yang dibangun pemerintah 250 sangat kurang, idealnya 2.700 pipa," ujarnya.

SWRO mengalir 5 liter per detik dapat mengaliri sekitar 1.200 rumah. Namun demikian menurut Suhar nantinya pemerintah akan mengajukan kebijakan mesubsidi kepada pembeli air bersih SWRO.

"1.000 liber rencana Rp40 ribu, rencana akan kami subsidi 50 persen mencadi Rp20 ribu, tapi itu masih perkiraan harganya. Itu juga kalau Walikota sejutu," pungkasnya.

Editor: Dardani