Salah Satu Program Mensejahterakan Rakyat

Presiden Jokowi Tinjau Bendungan Sei Gong Batam
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 23-03-2017 | 13:50 WIB
joko-sei-gong3.jpg

Presiden Jokowi Melihat Master Plan Waduk Sei Jong. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tiba di Bendungan Sei Gong, Sijangtung, Kecamatan Galang, Kota Batam, sekitar pukul 12.30 WIB, Kamis (23/3/2017). Jokowi langsung bergegas meninjau lokasi waduk yang tengah dibangun Kementerian PU dan Perumahan Rakyat itu.

Presiden Jokowi pun langsung pendapat penjabaran proyek pembangunan bendungan dari pimpinan proyek sambil memperlihatkan dokumentasi Bendungan Sei Gong. Kemudian, Presiden RI yang didampingi Gubernur Kepri Nurdin Basirun melihat master plan waduk.

Selanjutnya, Presiden berjalan kaki menyusuri jalan di tengah waduk. "Ini salah satu program kita untuk mensejahterakan masyarakat," kata Joko Widodo kepada pewarta.

Rangkaian kegiatan tersebut mendapat penjagaan ketat dari Paspampres serta personil TNI dan Polri. Peninjauan tersebut hanya berlamgsung sekitar 30 menit. Prsiden kemudian langsung meninggalkan lokasi dan bertolak ke Kecamatan Galang untuk kegiatan lainnya.

Bendungan Sei Gong diperkirakan bisa menampung air sebanyak 11 juta liter kubik, dengan kemampuan menyuplay air untuk wikayah Batam sebanyak 300 liter per detik.

Kondisi ini diperkirakan dapat membantu memenuhi kebutuhan air bersih yang selama ini menjadi polemik di Kota Batam.

Menurut Mentri PU-PR‎ Basuki Hadi Muljono, yang sudah tiba di Bendungan Sei Gong, Kecamatan Galang, Batam, saat ini masyarakat Batam Rempang Galang, membutuhkan sebanyak 3250 liter perdetik.

Namun dengan delapan waduk yang ada selama ini, hanya bisa memenuhi sebanyak 2.800 liter perdetik. "Nah dengan dibangunnya waduk muara, karena berada di muara sungai ini, dapat menyuplay 400 liter perdetik, sehingga membantu kekurangan yang terjadi selama ini," ungkap Hadi.

Editor: Yudha