16 Perusahan ASEAN Berminat Kelolah TPA Telaga Punggur
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 21-03-2017 | 15:05 WIB
dendipurnomo.jpg

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam, Dendi Purnomo. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kebijakan pemerintah tentang pengelolaan sampah menjadi energi di Tempat Pembungan Akhir (TPA) Telaga Punggur Batam, masih terus dilakukan pembahasan oleh pejabat terkait.

Saat ini, ada 16 perusahan ASEAN yang berminat mengelola sampah menjadi energi di TPA Telaga Punggur tersebut. Diantaranya, perusahaan dari Singapura, Malaysia, Korea, Jepang dan Cina yang sudah menyatakan minat kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam, Dendi Purnomo.

"Ada 16 perusahan yang berniat melakukan pengelolaan sampah mejadi energi. Tapi umumnya perusahan asing Singapura, Malaysia Korea, Jepang dan Cina," ujar Kepala Dendi N Purnomo Selasa (21/3/2017).

Dendi mengatakan, dari 16 perusahaan sudah melakukan presentasi pengelolaan sampah menjadi energi. Setidaknya ada 11 kategori pengelolaan sampah menjadi energi.

Namun demikian dari 11 kategori pengelolaan, terpilih 3 penerapan sampah yang dinilai lebih baik dari yang lain. Salah satunya, teknologi RDF, pengelolaan sampah menjadi bahan bakar minyak.

Editor: Dardani