Reklamasi Sebabkan Air Sungai Tering Melcem Batam Meluap
Oleh : Romi Candra
Senin | 20-03-2017 | 14:26 WIB
kebanjiran.jpg

Seorang warga sedang membersihkan sisa lumpur akibat luapan air Sungai Tering Melcem Batam. (Foto: Romi Candra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Selain menimbulkan genangan air di beberapa ruas jalan, hujan yang melanda Batam pagi tadi juga menyebabkan Kawasan Sungai Tering, Melcem, Kecamatan Batuampar Batam banjir, Senin (20/3/2017).

Banjir tersebut, juga diakibatkan karena adanya reklamasi di sekitar kawasan tersebut. Sehingga saluran air yang ada tidak bisa menampung hujan lebat.

Pantauan di lokasi, meski air saat ini sudah surut, namun menyisakan lumpur di rumah-wumah warga. Air sempat setinggi lutut orang dewasa dan masuk ke rumah-rumah warga.

Lurah Tanjungsengkuang, Alim Ridwan, mengatakan, pihaknya tidak akan kaget jika terjadi banjir. Sebab, sejauh ini sungai yang ada malah tertimbun akibat reklamsi yang dilakukan pihak pengembang, setelah diberika Badan Pengusahaan (BP) Batam.

"Reklamai yang dilakukan, membuat sungai dan saluran air tertutup. Wajar saja terjadi banjir. Sungai Tering ini kawasannya juga rendah, sehingga menjadi sasaran genangan air," ungkap Ridwan.

Dilanjutkan Ridwan, pihaknya juga tengah melakukan normalisasi, tapi belum selesai. "Kita juga mengharapkan jika dilakukan reklamasi, agar memperhatikan masalah air dan sungai. Normalisasi sudah dilakukan tapi belum selesai. Sungai yang tertimbun sudsh dilakuan penggalian sebagian," tambahnya.

Editor: Dardani