Api dari Baterai Ponsel Nyaris Lahap Gudang Cargo Hang Nadim
Oleh : Hadli
Sabtu | 18-03-2017 | 08:12 WIB
bateraimeledak.jpg

Inilah baterai ponsel merek Lenovo yang meledak di gudang cargo Bandara Hang Nadim Batam. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gudang cargo Bandara Hang Nadim Batam nyaris terbakar akibat baterai ponsel merek Lenovo yang akan dipaketkan, mengeluarkan asap, Jumat (17/03/2017). Beruntung, petugas Aviation Security (Avsec) sigap memadamkan sumber asap itu.

 

"Iya, tapi tidak besar. Asapnya saja yang banyak mengepul, apinya kecil aja," ujar General Manager Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso menjawab BATAMTODAY.COM, Jumat (17/03/2017).

Suwarso menambahkan, peristiwa itu terjadi pada pukul 17.00 WIB. Satu kodi ukuran dua kardus Aqua tersebut berisi berbagai barang termasuk baterai ponsel merek Lenovo di dalamnya.

"Api itu akibat adanya gesekan baterai yang terjadi setelah petugas menimbang paket tersebut dan mencampakkan ke lantai. Saat itu juga mengeluarkan asap dan langsung dipadamkan menggunakan semprotan pemadam api, Ampar. Sehingga asap mengepul sampai keluar," ujarnya.

Dalam satu kodi paket tersebut, ungkap Suwarso, berisikan empat kotak bermacam barang, termasuk baterai ponsel. "Sebelum kejadian, kodi itu telah diperiksa melalui mesin X-Tray. Baterai handpne juga bukan jenis dilarang," ujar Suwarso.

Paket kiriman tersebut akan dikirim ke Jakarta menggunakan pesawat Garuda. Menurutnya, proses pengiriman sudah melalui prosedur dengan mencantumkan isi dari barang yang akan dikirimkan. "Sesuai prosedur, paket tersebut juga sudah berada di dalam plastik bening," pungkasnya.

Editor: Dardani