Kadisnaker Ingatkan Calon Pekerja Jangan Pakai Jasa Penyalur
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 17-03-2017 | 14:38 WIB
rudi-skyakirti.jpg

Rudi Sakyakirti, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sudah banyak warga Batam yang tertipu janji-janji manis jasa penyalur pekerjaan yang mengatasnamakan perusahan.

Tidak bisa dihitung berapa jumlah calon pekerja yang tertipu dari kasus lowongan kerja (loker) baik dalam negri maupun penyalur mengatasnamakan PT Dwi Indo Perkasa yang menjanjikan calon pekerja menuju Singapura beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal itu, Rudi Sakyakirti, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam di Sekupang mengatakan masyarakat harus lebih hati-hati dalam mencermati loker dengan janji-janji manis.

"Yang harus diingat perekrutan pekerja itu langsung dari perusahan yang membutuhkan. Contohnya di kawasan Industri Mukakuning, itu perusahan yang langsung merekrut. Jadi jarang yang melalui penyalur," ujar Rudi Jumat (17/03/2017) siang.

Rudi mengaku beberapa waktu lalu mendapatkan laporan tertipunya puluhan calon pekerja oleh PT Dwi Indo Perkasa. Saat dicek oleh pegawai PT penyalur tersebut tidak bener keberadaanya.

"Yang PT itu sudah kami cek, itu tidak bener. Karena izin kerja ke luar Negri perusahan penyalur harus terdaftar PJTKI pusat, jadi bukan sembarangan," tegasnya.

Guna menilimalisir masyarakat yang tertipu dengan info loker. Rudi menghimbau kepada seluruh masyarakat Batam jangan percaya tentang info loker tidak jelas yang tersebar di sosial media.

"Lihat dulu pekerjaan yang dibutuhkan itu seperti apa. Banyak perusahan resmi yang langsung buka loker, jangan jangan ikut-ikut perusahan yang tidak jelas," pungkasnya.

Editor: Dardani