BKKBN Kepri Targetkan 2017 Terbangun 70 Kampung KB
Oleh : Hadli
Rabu | 15-03-2017 | 09:50 WIB
kampungkb.jpg

Plh Kepala BKKBN Provinsi Kepri Saifuddin (kanan), Sekda Provinsi Kepri Arif Fadillah (tengah) dan Direktur Bina Lini Lapangan BKKBN Pusat, Humphery Apon (kiri). (Foto: Hadli)

BATAMTODAYCOM, Batam - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepri akan pembentuk 70 kampung KB pada 2017 di Kepri.

"Masing-masing kecamatan sedikitnya akan ada satu Kampung KB yang akan menjadi sasaran kami," kata Plh Kepala BKKBN Provinsi Kepri, Saifuddin usai acara Workshop Perencanaan Kegiatan Kampung KB di salah satu hotel di Nagoya, Selasa (14/03/2017).

Untuk mewujudkan target tersebut, tambahnya, BKKBN membutuhkan dukungan dari seluruh SKPD Kabupaten, Kota dan Pemerintah Provinsi Kepri serta unsur TNI, BNN, Departemen Agama agar tujuan investasi jangka panjang ini dapat terwujud.

"Bersama, saya rasa akan mempercepat target tersebut. Karena kampung KB memang didirikan untuk mencapai program kependudukan dan keluarga berencana serta pemberdayaan masyarakat," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Provinsi Kepri Arif Fadillah mengatakan, program KKB-PK dari BKKBN tersebut sejalan bersamaan dengan program pemerintah 2015-2019 yang tengah dinamakan saat ini.

"Kami tentunya mendukung program ini karena sejalan yang ingin sedang dibangun pemerintah pusat melalui Provinsi Kepri Oleh sebab itu kami mengajak semua pihak agar sama-sama menngkatkan sinergias dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata dia.

Direktur Bina Lini Lapangan BKKBN Pusat, Humphery Apon mengatakan, syarat sebuah Kampung KB adalah daerah pinggiran, ekonomi kurang mampu, kumuh dan masyarakat marginal yang ditempatkan sebagai kampung KB.

"Pada tempat-tempat seperti itulah yang menjadi target Kampung KB didirikan. Kami harapkan semua pihak intervensi untuk kemajuan dengan berbagai program sehingga kehidupan mereka membaik," ujarnya.

Kampung KB yang dibangun, kata dia, nantinya setiap tiga bulan sekali akan dilakukan evaluasi untuk mengetahui perkembangannya. Sehingga program ini berjalan dengan tujuan yang tepat, tidak hanya dilakukan secara simbolis.

Peserta Workshop Perencanaan Kegiatan Kampung KB dihadiri dari Pemprov Kepri, TNI AD, BNN Kepri dan BKKBN pusat yang akan berakhir pada Selasa, 15 Maret 2017.

Editor: Dardani