Sebanyak 1.000 Siswa Singapura akan Berkampus di BTP
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 07-03-2017 | 15:02 WIB
boskampusbtp2.jpg

Direktur BTP saat berjabat tangan dengan Presiden Akademi Kulinari Mamanda Zulkarnain Halfiz, Singapura. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kampus Akademi Kulinari Mamanda melakukan kerja sama dengan kampus Batam Tourism Polytechnic (BTP) Tiban Ayu, Kecamatan Sekupang Batam.

Kerja sama itu berbentuk MoU pertukaran para mahasiswa dengan kedua pihak. Di mana akan ada 1.000 siswa/siswi Singapura yang akan mengikuti belajar di BTP.

Demikian ungkap Direktur BTP Nur A Nasution. "Kemarin kami kerjasama langsung di Singapura. MoU itu berbentuk kerjasama antara Akademi Kulinari Mamanda debgan BTP," ujar Nur Selasa (07/03/2017) saat ditemui diruang kerjanya.

Kerjasama itu, kata Nur masih sebatas MoU pertukaran mahasiswa. Namun demikian, dalam waktu dekat, akhir Maret ini pihaknya akan bertemu dengan Presiden Akademi Kulinari Mamanda Zulkarnain Halfiz untuk membahas kelanjutan kerjasama tersebut.

Nur mengaku program ini diwancanakan akan berlangsung April atau Mai mendatang. Kerjasama jangka panjang dalam waktu satu tahun itu diwancanakan secara bertahap atau bergelombang.

"Kita masih akan melakukan pertemuan lagi. Tapi nanti mereka mengirim mahasiswa bertahap tidak langsung 1.000 siswa," ujarnya.

Ditunjuknya kerjasama dengan BTP, menurut Nur, hal itu sudah dilakukan seleksi dibeberapa kampus di Asean, seperti Malaysia dan Thailand. BTP terpilih melakukan kerjasama setelah dinilai sebagai kampus terbaik di Asen dari segi fasilitas sampai tenaga pengajar.

"Mereka sudah datang akhir Januari lalu untuk melakukan seleksi, sebelum MoU dilakukan kemarin. Hanya kampus kami yang melakukan kerjasama dengan Singapura," kata Nur.

Nur mengaku nantinya para mahasiswa Singapura akan belajar mengenai kebudayaan dan kulineri indonesia, secara short course atau pelatihan pendek, bergelombang.

"Harapanya kerja sama ini terus berlanjut tidak hanya dengan Amerika, Malaysia, Dumai, Qatar, dan terakhir Singapura. Berharap kerjasama ini terus dilakukan dengan negara-negara lain di dunia," pungkasnya.

Editor: Dardani